16 Warga Padang Hilang, Diduga Gabung Gafatar atau ISIS

16 Warga Padang Hilang, Diduga Gabung Gafatar atau ISIS

Ilustrasi Gafatar. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Padang - Sebanyak 16 warga Kota Padang menghilang dan diduga bergabung dengan Gafatar. Pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penyelidikan terkait kabar tersebut.
 
"Yang perlu kita dikhawatirkan adalah warga yang dinyatakan hilang sebanyak 16 orang tersebut tidak hanya bergabung dengan Gafatar. Namun, juga menjadi anggota ISIS karena telah dicuci otaknya." kata Kajati Sumbar, Widodo, Selasa (19/1/2016).

Meski Sumbar merupakan daerah yang masuk kategori bersih dari teroris dengan indikasi tidak ada narapidana teroris di penjara di wilayah Sumbar.

Namun, penyebaran ajaran radikal bisa masuk ke Sumbar. "Bisa jadi melalui penyusupan orang yang datang dari luar Sumbar atau orang lokal yang telah meninggalkan dan kembali lagi. Ini yang perlu diwaspadai," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi itu Kejati Sumbar terus melakukan koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem). Sekaligus mengungkapkan keberadaan 16 orang yang hilang tersebut.

"Kita selalu mengintensifkan komunikasi melalui lembaga Bakorpakem. Saat ini jajaran intelijen sedang menelusuri jejak ke  16 orang yang hilang tersebut," katanya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews