Puluhan Warga Tanah Datar Keracunan Pangek Ikan, Satu Orang Tewas

Puluhan Warga Tanah Datar Keracunan Pangek Ikan, Satu Orang Tewas

Ilustrasi pangek ikan sasau. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batusangkar - Sebanyak 24 orang warga mengalami keracunan setelah memakan Pangek Ikan yang dibeli di Pasar Batusangkar sejak Jumat (15/1/2016). Satu orang dilaporkan meninggal dunia setelah memakan pangek ikan tersebut.
 
Seluruh korban dibawa ke RS Ali Hanafiah, Batusangkar. Informasi pada Minggu (17/01/2016), menyebutkan 14 orang masih dirawat, sembilan orang sudah diizinkan pulang, dan satu orang meninggal dunia.

Korban meninggal dunia atas nama Syamsuar (56), warga Kampung Tangah, Nagari Pagaruyung, dimana korban sudah mendapatkan perawatan intensif sejak Sabtu.

"Kita telah berupaya, namun Bapak Syamsuar tidak tertolong lagi, karena disamping keracunan ia juga mengidap penyakit asma sehingga belum diketahui apa yang menjadi penyebab kematiannya," kata salah satu perawat di RSUD itu.

Ia menyebutkan warga yang masih dirawat di rumah sakit adalah Agusri (10), Rahmawati (65), Rahman (19), Faisal (40), Hamdi (15), Nusirwan(59), Sri Helda Putri (13), Elva Yendri (44), Robi Sefina (17), Desi Maita (24), Jalius (49), Eva Sri Yanti (43), Rosmawati (48), dan Rifo Efzami (17).

Sementara yang sudah diizinkan pulang adalah Edri (46), Rivo (18), Murahman (8), Indra (50), Susi Nelwati (36), Lusi Imelda (14), Rudi Adi Putra (25), dan Erman (45).

"Mereka rata-rata berasal dari Nagari Pagaruyung, Tanjung Barulak, Saruaso, dan Baringin," katanya.

Salah seorang korban, Elva Yendri mengatakan dirinya bersama suami serta kedua anaknya merasa pusing dan mual setelah mengkonsumsi pangek ikan yang dibelinya di Pasar Batusangkar.

Selain itu, ia juga mengalami muntah hingga berulang kali. Kejadian serupa ternyata dialami oleh suaminya serta puluhan warga lain.

Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi mengatakan kasus ini sedang dalam penyelidikan dan pengumpulan keterangan dari korban. Ia menyebut laporan keracunan makanan sudah diterima dan saat ini sisa makanan yang dikonsumsi para korban sudah diamankan di Mapolres. Sisa makanan tersebut akan dikirim Labfor secepatnya untuk memastikan kandungan apa yang terdapat pada makanan itu.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews