Semarak Kemerdekaan: 78 Pesepeda Batam Menyambut 17 Agustus dengan Kirab Bendera

Semarak Kemerdekaan: 78 Pesepeda Batam Menyambut 17 Agustus dengan Kirab Bendera

Kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter oleh Bike To Work Batam, Kamis (17/8/2023) (ist)

Batam, Batamnews - Sebanyak 78 pesepeda di Batam menggelar ekspresi kemerdekaan Republik Indonesia melalui kirab bendera. Mereka mengarak bendera Merah Putih sepanjang 78 meter dengan rute  perjalanan sejauh 2,78 kilometer di Jalan Ahmad Yani, Batam Centre.

"Hari ini kami merayakan kemerdekaan RI dengan cara khusus. Mengingat perjuangan pahlawan dalam mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan. Mereka telah berkorban dan berjuang. Kami ingin mengungkapkan pesan bahwa apa yang kami lakukan hari ini tidak setara dengan perjuangan mereka," ungkap Haryoto, Ketua Bike To Work (B2W) Kota Batam, di Batam Centre, pada Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau Raih Penghargaan Tokoh Pengendali Inflasi Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023

Haryoto menjelaskan bahwa kirab Merah Putih ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun B2W yang ke-18 dan Road to Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) XII Batam. 

Inilah sebabnya mengapa B2W berkolaborasi dengan Panitia Jamselinas XII Batam serta semua komunitas sepeda di Batam untuk menghadirkan Kirab Merah Putih 78 Meter ini.

Dikatakan oleh Wakil Ketua Panitia Jamselinas Batam, kirab bendera ini juga menggambarkan semangat Indonesia. Kerjasama diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan kesatuan, agar Merah Putih terus berkibar saat kirab.

"Ini menunjukkan bahwa dengan persatuan, kerja sama, dan saling menghargai, kita semua dapat mencapai tujuan dengan kemenangan," kata Haryoto.

Baca juga: Meriahnya Perayaan HUT Ke-78 RI di Pulau Terluar Belakangpadang

Selain itu, Haryoto juga menjelaskan bahwa bersepeda mencerminkan semangat kemajuan Indonesia, sesuai dengan tema besar perayaan HUT RI tahun ini. Semua ingin bergerak maju bersama untuk Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan ini juga merupakan ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan negeri ini serta pembangunan infrastruktur, terutama lebarnya jalan-jalan.

"Jalan yang lebar memungkinkan seluruh pengguna jalan berbagi dan saling menghargai," jelas Haryoto.

Haryoto juga menyampaikan permintaan maafnya kepada pengguna jalan yang mungkin terganggu oleh Kirab Merah Putih di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dari Bandung Resto hingga Masjid Agung Batam, terutama di dua persimpangan saat rombongan kirab melintas. 

Ia juga meminta pengertian saat melewati simpang Pollux menuju Masjid Agung yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

Baca juga: Tragedi Pesawat Jatuh di Shah Alam, Malaysia: 10 Orang Tewas Termasuk Anggota Dewan

Acara ini dihadiri oleh Ketua Panitia Jamselinas Batam, Indra Harianto, serta sebagian besar panitia. 

Saat pelaksanaan Jamselinas nanti, ribuan pesepeda dari seluruh Nusantara dan luar negeri akan "berlebaran" di Batam, dengan beberapa ruas jalan akan digunakan untuk kegiatan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Batam untuk Jamselinas nanti. Mari bersama-sama kita sukseskan Jamselinas pada bulan November mendatang," tutup Haryoto.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews