KPU Tetapkan 733 DCS Bacaleg DPRD Kota Batam untuk Pileg 2024

KPU Tetapkan 733 DCS Bacaleg DPRD Kota Batam untuk Pileg 2024

KPU saat ini telah merilis nama-nama bakal calon legislatif (Bacaleg) dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Batam, Batamnews - Pemilu 2024 bakal berlangsung dalam hitungan bulan saja, tepatnya di 14 Februari 2024 mendatang. KPU saat ini telah merilis nama-nama bakal calon legislatif (Bacaleg) dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Demikian juga yang telah dilakukan oleh KPU Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Mereka telah menetapkan ratusan nama yang masuk dalam DCS itu, pada Sabtu (19/8) kemarin.

Terkait dengan beberapa tahapan strategis yang telah dilewati, mulai dari penyusunan daftar pemilih, pendaftaran pemilih, penetapan peserta Pemilu hingga kini tahap pencalonan, KPU Batam telah merilis 733 nama di DCS.

Detailnya dari keseluruhan angka tersebut, ada 466 jumlah calon laki-laki dan 267 calon perempuan dari total 17 partai.

Baca juga: Tiga Anggota Bawaslu Lingga Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Didominasi Wajah Lama

Ketua KPU Batam, Mawardi menyebut, saat ini pihaknya sedang melaksanakan tahapan pencalonan. Lebih kurang ada 12 sub tahapan pencalonan, mulai dari registrasi sampai penetapan DCS.

Di DCS ini, nanti bakal jadi dasar Daftar Calon Tetap (DCT). Lebih kurang selama 10 hari ke depan, KPU Batam akan minta tanggapan masyarakat terhadap DCS yang diumumkan.

"Dalam proses selanjutnya, setelah ini kami meminta verifikasi dan klarifikasi Parpol (partai politik). Kemudian masuk tahap pencermatan DCT yang dimulai tanggal 24 September sampai 3 November," kata Mawardi.

Lalu, tahap akhir dari proses pencalonan ialah pengumuman DCT yang dimulai pada 4 November mendatang. Setelah itu, tahap selanjutnya ialah kampanye hingga masa tenang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews