Kirab Merah Putih HUT RI Ke 78 di Tanjungpinang Diikuti Ribuan Peserta dan Ratusan Bendera

Kirab Merah Putih HUT RI Ke 78 di Tanjungpinang Diikuti Ribuan Peserta dan Ratusan Bendera

Peserta Kirab Merah Putih Polresta Tanjungpinang sebelum memulai iring-iringan

Tanjungpinang, Batamnews - Sebanyak ribuan warga dari berbagai kalangan masyarakat di Kota Tanjungpinang menyaksikan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dengan sajian Kirab Merah Putih sepanjang 7 kilometer. 

Kemeriahan tersebut terjadi di jalanan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan kirab yang diberi nama "Kebangsaan Merah Putih" ini melibatkan kerjasama antara aparat kepolisian, TNI, instansi pemerintah, dan masyarakat luas. 

Sehari sebelum Hari Kemerdekaan RI, kirab ini dilakukan untuk menguatkan semangat kebangsaan dan patriotisme dalam diri warga.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, menyatakan bahwa lebih dari 1.000 orang turut serta dalam kirab ini. 

Baca juga : Kirab Merah Putih di Batam, Ratusan Peserta Tempuh Perjalanan 17 Kilometer

Selain itu, lebih dari 100 bendera merah putih diarak oleh rombongan Polisi, TNI, dan Satpol PP. Bendera-bendera tersebut dipasang di sepanjang jalur kirab, termasuk di pantai tugu sirih dan area Gurindam 12.

"Kirab ini memiliki makna yang sangat dalam bagi kami sebagai warga Tanjungpinang. Kami ingin merayakan kemerdekaan dengan semangat kebersamaan dan cinta tanah air," ujar Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Dalam perjalanan sepanjang 7 kilometer, peserta kirab mengibarkan bendera merah putih dengan penuh semangat. Masyarakat pun turut menyaksikan kirab ini, yang diwarnai oleh kehadiran marching band dari pelajar SMP hingga SMA. 

Baca juga : Peringatan HUT Kemerdekaan RI: Gubernur Kepulauan Riau Lantik 33 Anggota Paskibraka Terbaik 2023

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan rasa patriotisme di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

"Kami berharap bahwa melalui kirab ini, semakin banyak masyarakat yang semangatnya terpanggil untuk mencintai negara dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemerdekaan," tambah Kapolresta.

Kirab Merah Putih yang digelar dengan penuh semangat dan antusiasme ini diharapkan akan memberikan kontribusi dalam membangun rasa persatuan dan cinta tanah air di tengah-tengah masyarakat Kota Tanjungpinang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews