PLN Batam Tindaklanjuti Keluhan Warga dengan Perbaiki Kabel Semrawut di Sejumlah Perumahan

PLN Batam Tindaklanjuti Keluhan Warga dengan Perbaiki Kabel Semrawut di Sejumlah Perumahan

Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam melakukan penataan jaringan kabel yang semraut di perumahaan Taman Anugerah Ideal (ist)

Batam, Batamnews - PT PLN Batam dengan cepat merespons keluhan masyarakat di Kota Batam terkait tata letak yang tidak teratur pada kabel jaringan listrik yang terpasang di beberapa tiang. 

Dalam tindakan tanggap ini, Tim Unit Bisnis Infrastruktur PT PLN Batam mengambil langkah untuk memperbaiki situasi tersebut, sejalan dengan laporan dari warga Perumahan Taman Anugerah Ideal.

Khairullah, Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PT PLN Batam, menyatakan bahwa perusahaan dengan sigap mengatasi laporan keluhan tersebut. 

Selama dua minggu terakhir, Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam telah melakukan upaya perapihan pada kabel-kabel yang terbentang di sepanjang tiang di perumahan tersebut, dan juga di beberapa lokasi perumahan lain.

Baca juga: Rupiah Terus Melemah Terhadap Dolar AS, Investor Menunggu Data Neraca Perdagangan

Khairullah menjelaskan bahwa sebagian besar jaringan listrik di Kota Batam saat ini telah dialihkan ke Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) atau jaringan listrik bawah tanah. 

"Meskipun demikian, beberapa perumahan masih menggunakan jaringan dari tiang listrik. Di samping kabel saluran tegangan rendah (STR) yang dimiliki oleh PLN Batam, tiang listrik juga mengandung berbagai kabel untuk layanan telematika, telekomunikasi, layanan TV kabel, penyedia Internet Service Provider (ISP), serta peralatan terkait," ucap Khairullah.

Lebih lanjut, Khairullah menambahkan bahwa perapihan kabel-kabel yang tadinya kusut dilakukan untuk memastikan penataan yang lebih baik. Tujuannya adalah memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan mengurangi risiko kecelakaan yang bisa terjadi akibat kabel yang mengendur dan membahayakan.

Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam menata jaringan semraut di Perumahaan Taman Anugerah Ideal Batam (ist)

"Pemeliharaan ini akan membantu pemilik kabel, termasuk Penyedia Layanan TV Kabel dan Internet Service Provider (ISP), untuk lebih mudah dalam melakukan pemeliharaan pada jaringan mereka," jelas Khairullah.

Baca juga: Polres Kuansing Bersikap Tegas: 30 Rakit Milik Penambang Emas Ilegal Dibakar

Dia juga mengingatkan para penyedia layanan telematika yang menggunakan tiang listrik milik PLN Batam untuk berkoordinasi sebelum memasang kabel-kabel, demi keamanan dan efisiensi tata letak kabel tersebut.

Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga, Senior Manager Unit Bisnis Infrastruktur PLN Batam, menggarisbawahi kesediaan PLN Batam untuk berkolaborasi dengan penyedia layanan TV kabel dan Internet, dengan tujuan memastikan penggunaan jaringan listrik PLN Batam yang aman dan teratur.

”Kami minta kepada para calon Mitra PLN Batam dapat menghubungi Contact Center 123 PLN Batam ataupun nomor Whatsapp 081378016600, guna melakukan komunikasi dan koordinasi dalam penggunaan jaringan listrik PLN Batam untuk keperluan telematika. Dengan begitu keperluan bisnis dapat terlaksana dan juga kenyamanan serta keamanan masyarakat sekitar tetap yang utama,” kata Sanggam.

Baca juga: Ulang Tahun ke-15 Pempek 158: Nikmati Diskon 15% untuk Semua Menu!

Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, PLN Batam juga mengajak warga untuk melaporkan potensi bahaya atau kabel yang kusut ditemui. 

"Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam siap untuk melakukan perbaikan dan penataan pada tiang listrik, demi menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi warga Kota Batam," bebernya.

Sementara itu Ketua RW XIX Perumahan Taman Anugerah Ideal, Benny juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas tindak lanjut yang dilakukan oleh PLN Batam dalam menanggapi keluhan warga sehingga kabel layanan TV Kabel dan Internet yang sebelumnya menggelantung rendah di tengah jalan sudah dapat dinaikkan serta tersusun lebih rapih. 

Baca juga: Pelajar SMK Muhammadiyah Batam Tewas Ditabrak Lari Truk, Keluarga Kecewa dengan Pihak Rumah Sakit

”Terimakasih kepada PLN Batam, perawatan jaringan memang harus dilakukan secara rutin, jika memang ada kabel maupun tiang listrik yang sudah tidak layak maka segera lakukan pembenahan,” tandasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews