Anak Panda Raksasa Pertama Singapura, Le Le, Bakal Dipisahkan dari Induknya

Anak Panda Raksasa Pertama Singapura, Le Le, Bakal Dipisahkan dari Induknya

Le Le, anak panda pertama di Singapura, bakal dipisahkan dari induknya (cna)

Batam, Batamnews - Le Le, anak panda raksasa pertama Singapura, saat ini menunjukkan tanda-tanda kemandirian. Si baby panda itu  akan segera dipisahkan dari ibunya, Jia Jia.

Demikian diumumkan oleh Kelompok Mandai Wildlife pada hari Senin (14/8/2023). Pengumuman ini disampaikan dalam acara perayaan ulang tahun kedua Le Le.

"Le Le semakin merasa nyaman di ruangnya sendiri, dan tim perawatan panda sedang bekerja erat dengan para ahli Tiongkok untuk mempersiapkannya menghadapi tahap selanjutnya dalam hidupnya," kata Mandai dalam pernyataan media.

Baca juga: Tragedi di Gunung Kilimanjaro: Warga Singapura Meninggal karena Penyakit Ketinggian

Sebelumnya, Kelompok Mandai Wildlife telah menyatakan bahwa panda ini akan dikembalikan ke Tiongkok ketika mencapai kemandiriannya, yakni sekitar usia dua tahun.

Pada hari Senin (14/8), kelompok tersebut mengungkapkan bahwa informasi lebih lanjut mengenai hal ini akan diumumkan pada waktu yang akan datang.

Tahap Kemandirian Sebagai "Proses Alami"

Le Le telah mulai makan, beristirahat, dan bermain sendiri, menjauh dari kehadiran Jia Jia.

"Ini merupakan bagian dari "proses alami" yang mencerminkan apa yang terjadi di alam liar. Di mana bayi panda mulai mandiri sekitar usia 18 hingga 24 bulan," kata Mandai.

Baca juga: Dibalik Kemenangan Kelompok Tari Singa Yiwei Singapura di Malaysia, Ada Kisah Miris

"Mereka mulai menunjukkan tanda-tanda kenyamanan berada sendiri, sementara panda betina juga mulai menunjukkan perubahan perilaku yang akhirnya mengarah pada penolakan terhadap anak-anaknya."

Karena panda raksasa adalah hewan soliter, tahap perkembangan ini adalah bagian dari tumbuh dewasa, tambah Mandai.

"Karena penting untuk membantu bayi dan induknya melewati tahap pemisahan dengan aman, tim perawatan hewan telah melatih Le Le untuk memasuki kandang pribadi yang terpisah dari induknya," ujar Mandai, sambil menambahkan bahwa ini akan memberinya kemandirian untuk hidup terpisah dari Jia Jia saat waktunya tiba.

Baca juga: Menteri Urusan Luar Negeri Singapura Dr. Maliki Osman Bahas Hubungan Bilateral dengan Batam

Pemisahan sepenuhnya dari Jia Jia diharapkan akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang. Proses ini akan dipantau dengan cermat oleh tim perawatan panda.

Setelah pemisahan, Jia Jia dan Le Le akan membagi waktu mereka di pameran mereka di Taman Panda Raksasa di taman River Wonders Mandai.

Masyarakat akan dapat melihat Le Le dari pukul 10 pagi hingga 2 siang dan Jia Jia dari pukul 2 siang hingga 6 sore.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews