Samsat Drive Thru Gajah Mada: Proses Cepat, Pembayaran Tanpa Tunai dengan QRIS BRK Syariah

Samsat Drive Thru Gajah Mada: Proses Cepat, Pembayaran Tanpa Tunai dengan QRIS BRK Syariah

Peresmian Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru gunakan Qris BRK Syariah oleh Gubernur Syamsuar didampingi Kapolda Irjen Pol M. Iqbal (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Layanan Samsat Drive Thru terus mempertahankan keunggulannya. Dari pendaftaran hingga pembayaran, semua hanya membutuhkan waktu 5 menit. Kecepatan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Pekanbaru.

Bekerja sama dengan Bapenda Riau, Polda Riau, Ditlantas, Jasa Raharja Riau, dan Bank Riau Kepri Syariah, Samsat Drive Thru Gajah Mada menjadi yang kelima di Riau. Peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, didampingi oleh Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal pada Rabu (9/8/2023).

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, dihadiri oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau Syahrial Abdi, Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah MA Suharto, serta Komisaris Independen Roy Prakoso dan Rita Anugerah.

Baca juga: Gubernur Riau Datang, Anak Tari Melayu Diusir, Erisman: Hanya Miskomunikasi

Dalam konsep layanannya, Samsat Drive Thru memungkinkan pemilik kendaraan/wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa harus turun dari kendaraan. Bank Riau Kepri Syariah (BRK Syariah) berperan sebagai penyedia sarana pembayaran melalui QRIS BRK Syariah.

“Samsat Drive Thru memberikan layanan yang sederhana, mudah, dan cepat. Untuk menggunakan layanan ini, wajib pajak perlu membawa persyaratan lengkap seperti kartu identitas pemilik yang sah, STNK asli, BPKB asli, bukti pelunasan pajak tahun sebelumnya, kendaraan yang akan didaftarkan ulang, dan smartphone untuk membayar melalui aplikasi QRIS. Layanan ini tidak menerima pembayaran tunai lagi," jelas Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto.

Gubernur Riau Syamsuar menambahkan bahwa Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan QRIS Dinamis. Inovasi ini memungkinkan pembayaran pajak tahunan menjadi lebih cepat, maksimal dalam 5 menit.

Baca juga: Spesialis Pencuri Alat Mobil Angkutan Sawit Diciduk di Rambah Samo, Rohul, Riau

"Samsat Drive Thru ini membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Kami sudah melihat bagaimana pembayaran pajaknya menggunakan QRIS BRK Syariah," kata Gubri, didampingi oleh Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan Forkopimda Riau.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Syahrial Abdi, menjelaskan bahwa Samsat Drive Thru Gajah Mada merupakan bagian dari Samsat Pekanbaru Kota. Layanan ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak, dengan waktu pelayanan minimal 5 menit mulai dari pendaftaran, penetapan, hingga pembayaran.

Syahrial menjelaskan bahwa di Samsat Drive Thru Gajah Mada, transaksi digital atau elektronik digunakan untuk mencegah praktik-praktik yang tidak diinginkan, seperti calo, kekurangan pembayaran, atau kelebihan pembayaran.

“Dengan persyaratan yang lengkap, pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari lima menit. Prosesnya sangat mudah, praktis, dan efisien. Tidak mengherankan jika semakin banyak wajib pajak yang menggunakan layanan ini dan merasa puas," kata Syahrial Abdi, yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama BRK Syariah.

Baca juga: Peringatan Bahaya Karhutla: Titik Panas Terdeteksi di Riau dan Kepulauan Riau

Sebagai informasi tambahan, Samsat Drive Thru pertama di Riau berlokasi di kantor Bappeda Riau, yang kedua di Ujung Tanjung Kabupaten Rokan Hilir, ketiga di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, keempat di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, dan terakhir di Jalan Gajah Mada Pekanbaru. 

Layanan ini tidak hanya menjawab kebutuhan mereka yang memiliki waktu terbatas, tetapi juga memudahkan wajib pajak yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk antrean panjang. 

Sebagian besar orang tentu akan sepakat bahwa antrian adalah hal yang membosankan, terutama jika berlangsung berjam-jam.

“Jadi, tidak ada alasan bagi para wajib pajak untuk tidak membayar pajak karena pemerintah daerah telah memberikan kemudahan ini," tambahnya.

Turut hadir juga dalam acara peresmian Samsat Drive Thru Gajah Mada ini Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking BRK Syariah Imran, General Manager BRK Syariah Cabang Utama Rina Mutia, serta undangan VIP lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews