BBKSDA Riau Turunkan Tim ke Sungai Subayang Usai Kemunculan Buaya

BBKSDA Riau Turunkan Tim ke Sungai Subayang Usai Kemunculan Buaya

BBKSDA Riau pasang plang pengumuman ada buaya di pinggir Sungai Subayang, Kampar (foto bbksda riau)

Kampar, Batamnews - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah mengirimkan tim ke Sungai Subayang untuk menginvestigasi kemunculan seekor buaya di daerah tersebut. 

Tim bertugas untuk memantau secara langsung situasi dan melihat jenis hewan yang muncul ke permukaan sungai.

Andri Hansen Siregar, Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, menjelaskan bahwa informasi tentang kemunculan buaya di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, menjadi perhatian serius tim lapangan. 

Baca juga: Formaskar Ancam Aksi Massa Jika PT RAPP Tak Klarifikasi Polemik Water Intake

"Kami telah mengirimkan tim untuk memberikan himbauan kepada warga sekitar dan memasang plang peringatan agar tetap waspada," ujarnya dalam keterangan kepada wartawan pada Rabu (9/8/2023).

Dari temuan yang diperoleh oleh tim, dengan bantuan dari Polri, TNI, dan masyarakat setempat, memang terlihat satu ekor buaya jenis Buaya Senyulong muncul ke permukaan sungai.

Baca juga: Demografi Kota Batam: Suku Melayu Terbanyak, Tionghoa 6,28%

Hansen menjelaskan bahwa kemunculan buaya ini kemungkinan besar disebabkan oleh dorongan untuk mencari tempat bertelur. Biasanya, buaya melakukan tindakan ini di daratan pinggir sungai. 

"Kami meminta kepada masyarakat untuk sementara waktu menghindari aktivitas di tepi sungai. Himbauan dan sosialisasi terus kami lakukan di lapangan," tambahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews