Resmi Dibuka! Lomba Hadrah Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2023 oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau

Resmi Dibuka! Lomba Hadrah Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2023 oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau

Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar saat membuka Lomba Hadroh

Bintan, Batamnews - Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar, secara resmi membuka kegiatan Lomba Hadrah Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Gedung Nasional Tanjung Uban, Bintan. Sebanyak 11 grup hadrah akan berpartisipasi dalam lomba ini, terdiri dari pengurus BKMT Kabupaten Bintan dan perwakilan pondok pesantren yang ada di wilayah tersebut. Setiap grup hadrah akan memiliki 15 orang personil, Sabtu (28/07/2023).

Dalam sambutannya, Dewi Ansar mengungkapkan bahwa lomba hadrah ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kepulauan Riau untuk melestarikan nilai-nilai agama melalui musik religius yang terwakili dalam bentuk musik hadrah. Dia berharap festival ini dapat menjadi sarana untuk menyebarkan agama Islam dan pada saat yang sama dapat menahan pengaruh budaya asing yang berdampak negatif di Kepulauan Riau.

Baca juga : Temukan Wisata Kuliner Unik di Tanjungpinang: Cafe D’famz, Cafe Terapung dengan Pemandangan Hutan Mangrove

Dewi Ansar juga memberikan dukungannya secara penuh terhadap kegiatan ini. Baginya, perlombaan ini menjadi kesempatan untuk menyebarkan ajaran Islam dan membawa berkah bagi daerah serta masyarakat Kepulauan Riau, khususnya di Kabupaten Bintan.

"Hadrah dan kesenian Islami lainnya pada hakikatnya merupakan media atau sarana untuk syiar dan dakwah Islam. Sebuah strategi dakwah yang penuh kelembutan dan menjunjung kearifan lokal. Sudah menjadi fitrah bahwa manusia menyukai keindahan, dan Islam sendiri indah. Dalam kaitan inilah, hadrah dan kesenian lainnya menjadi bahasa yang indah, efektif, dan santun guna membumikan nilai dan ajaran Islam," ujarnya dengan penuh semangat.

Baca juga : Kebakaran di Desa Hilir dan Desa Kp. Melayu, Bintan: 16 Keluarga Terdampak 51 Jiwa Mengungsi

Selain itu, Dewi Ansar juga merasa bangga karena saat ini ada beberapa komunitas yang menghimpun anak-anak muda untuk berselawat bersama dengan diiringi oleh hadrah. Dia berharap hadrah dan komunitasnya dapat mendorong semangat anak muda untuk lebih berbakti dan mengasihi agama serta Rasulullah dengan cara yang menyenangkan.

Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Riau, Aiyub, Kemenag Bintan diwakili oleh M. Hasbi, Ketua MUI Bintan, Ali Ahmadi, Camat Bintan Utara, Deny Irman Susilo, dan Kabag Kesra Kabupaten Bintan, Mardiani, turut hadir dalam kegiatan pembukaan Lomba Hadrah ini.

Semoga Lomba Hadrah Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar dan menjadi momentum yang bermakna dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kecintaan terhadap Islam di wilayah tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews