Politisi Golkar Cen Sui Lan Bantu Warga Kepri Dapatkan Sertifikasi Pelayaran

Politisi Golkar Cen Sui Lan Bantu Warga Kepri Dapatkan Sertifikasi Pelayaran

Cen Sui Lan saat menghadiri pembukaan Diklat Kompetensi Dasar Pelayaran berbasis pemberdayaan masyarakat yang digelar di Hotel Pelangi Tanjungpinang. (Foto: ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Sebanyak 192 peserta dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Riau (Kepri) menghadiri acara Diklat Kompetensi Dasar Pelayaran berbasis pemberdayaan masyarakat yang digelar di Hotel Pelangi Tanjungpinang. Kegiatan ini menjadi hasil nyata dari aspirasi Cen Sui Lan, politisi Golkar yang tengah naik daun di DPR tahun 2023.

Sejak awal, Cen telah memperjuangkan rencana Diklat Kompetensi Dasar Pelayaran ini melalui pelaksanaan Ditjen Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang. Tujuan dari diklat ini adalah untuk membantu warga Kepri mendapatkan sertifikasi dasar pelayaran, yang nantinya akan bermanfaat bagi mereka yang bekerja di sektor pelayaran.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat Kepri. Daerah kita memiliki potensi kemaritiman yang besar, dan dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti diklat ini secara gratis, kami berharap masyarakat Kepri dapat lebih maju dan berkembang dalam sektor pelayaran," ujar Cen, yang juga merupakan anggota Pansus RUU Daerah Kepulauan di DPR.

Baca juga: Ratusan Anak Disabilitas hingga Lansia di Lingga Dapat Bantuan Atensi dari Kemensos RI

Peserta diklat diberikan empat sertifikat kompetensi lewat jasa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BP SDM Kemenhub. Biasanya, peserta harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 20 juta untuk mendapatkan sertifikasi tersebut melalui LSP lainnya. Namun, berkat perjuangan Cen, peserta diklat kali ini tak dikenakan biaya apapun, bahkan mereka juga mendapatkan uang transportasi untuk mengikuti kegiatan ini.

Kemeriahan acara pembukaan diklat semakin terasa saat Cen secara simbolis menyerahkan peralatan praktik pelatihan kepada salah satu peserta. Seluruh kegiatan diklat ini sepenuhnya didanai melalui aspirasi Cen, dengan kerjasama bersama Politeknik Pelayaran Banten sebagai LSP BP SDM Kemenhub.

Diklat Kompetensi Dasar Pelayaran ini dijadwalkan berlangsung selama empat hari penuh. Peserta diklat akan mendapatkan pelatihan yang komprehensif dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan dalam bidang pelayaran.

Baca juga: Capai 900 Juta Rupiah! Pendapatan Biaya Parkir Kota Tanjungpinang Hingga Pertengahan 2023


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews