Hadapi Begal di Medan, Polda Sumut Siapkan Mobil Patroli Canggih dengan Kecerdasan Buatan

Hadapi Begal di Medan, Polda Sumut Siapkan Mobil Patroli Canggih dengan Kecerdasan Buatan

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi tengah menunjukan kecanggihan mobil patroli kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution (internet)

Medan, Batamnews - Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi telah menghadirkan 12 mobil patroli canggih yang dilengkapi fitur modern berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan keamanan di Kota Medan. 

Setiap mobil dilengkapi dengan personel bersenjata laras panjang untuk mengantisipasi tindakan kejahatan yang membahayakan.

Mobil Patroli Perintis Samapta dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi mutakhir untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di area publik. 

Baca juga: Semua Kloter Haji Debarkasi Batam Tiba dengan Selamat, Dua Jamaah Meninggal di Arab Saudi

Kapolda Agung mengungkapkan bahwa teknologi pemantauan kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data memungkinkan anggota kepolisian untuk melakukan pengawasan yang lebih efektif.

"Mobil ini kita luncurkan untuk mengendalikan dan menciptakan keamanan serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik. Kita juga lengkapi dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir, modern," kata Agung saat peluncuran mobil tersebut di Mapolda Sumut, seperti dikutip detik, Selasa (25/7/2023).

Selain itu, sistem komunikasi terpadu dan kecerdasan buatan (AI) membantu petugas dalam bertukar informasi dengan cepat dan koordinasi yang lebih baik. Penggunaan teknologi kendali suara dan AI memungkinkan petugas untuk mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan dengan lebih mudah.

Baca juga: Pertamina Luncurkan BBM Campuran Tebu Pertamax Green RON 95 dengan Harga Rp 13.500 per Liter

Mobil patroli ini juga dilengkapi dengan Sistem Navigasi Pintar, yang membantu petugas menemukan rute tercepat dan teraman saat merespons panggilan darurat atau kejadian penting. Navigasi ini juga tersinkronisasi dengan rute patroli di daerah rawan kejahatan.

Peluncuran Mobil Patroli Perintis ini diharapkan dapat meningkatkan penegakan hukum, memberikan perlindungan lebih baik bagi petugas polisi, dan berkontribusi positif untuk keamanan masyarakat secara keseluruhan di Kota Medan. 

Kapolda Agung berencana untuk menambah jumlah mobil patroli ini agar kecamatan di Medan dapat ter-cover dengan baik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews