Bupati Inhu Rezita Meilani Minta Bantuan Pusat untuk Menghidupkan Kembali Bandara Japura

Bupati Inhu Rezita Meilani Minta Bantuan Pusat untuk Menghidupkan Kembali Bandara Japura

Bupati Inhu Rezita Meilani minta pemerintah pusat hidupkan lagi Bandara Japura (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Inhu berkeinginan untuk membuka rute penerbangan baru antara Rengat - Jambi di Bandara Japura. Namun, rencana tersebut belum dapat terealisasi karena masalah anggaran.

Bupati Inhu, Rezita Meilani, menyatakan bahwa Bandara Japura sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di Kabupaten Inhu dan Inhil. Bandara ini akan sangat menghemat waktu perjalanan, terutama dalam perjalanan ke Ibu Kota Provinsi Riau.

"Kami memohon bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk membantu bandara ini beroperasi kembali," ujarnya dalam pertemuan dengan Gubernur Riau dan Anggota DPR RI Komisi V di Gedung Daerah pada Jumat (14/7/2023) malam.

Baca juga: TMMD ke 117 Kodim Karimun Berhasil Buka Jalan Baru di Kecamatan Buru

Rezita mengungkapkan bahwa awalnya Bandara Japura masih beroperasi dari tahun 2020 hingga 2021. Namun, pada awal tahun 2022, bandara ini berhenti beroperasi karena berbagai kendala, salah satunya adalah pandemi Covid-19.

Namun, pada akhir tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Inhu melakukan berbagai upaya untuk menghidupkan kembali bandara tersebut. Namun, maskapai penerbangan menginginkan keterlibatan Pemerintah Daerah dalam hal penganggaran.

Baca juga: Gubernur Riau ke Komisi V DPR RI: Lapor Pembangunan Infrastruktur

"Pada kesepakatan waktu itu, ketika pesawat berangkat tanpa penumpang, biayanya akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah. Namun, jika hal ini terjadi terlalu sering, kami tidak mampu melakukannya. Kami berharap ada solusi bagaimana bandara ini dapat beroperasi kembali. Kami juga berencana membuka rute penerbangan Rengat - Jambi," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews