Mencegah Abrasi: 500 Pohon Mangrove Ditanam di Pantai Pasar Lama Buru Karimun

Mencegah Abrasi: 500 Pohon Mangrove Ditanam di Pantai Pasar Lama Buru Karimun

Dalam rangka TMMD ke 117 sebanyak 500 pohon mangrove ditanam di Pantai Pasar Lama, Kecamatan Buru, Karimun (aha)

Karimun, Batamnews - Sebanyak 500 batang pohon mangrove berhasil ditanam di sekitar pantai Pasar Lama, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Karimun.

Penanaman pohon mangrove ini melibatkan pelajar SMP-SMA, mahasiswa KKN Universitas Karimun, masyarakat, dan Satgas TMMD ke-117 Kodim 0317/TBK pada Sabtu (15/7/2023).

Dansatgas TMMD ke-117, Letkol Inf Budianto Damanik, menjelaskan bahwa penanaman mangrove dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi akibat air laut.

Baca juga: Mengaku Butuh Uang, Tiga Orang Ini Nekat jadi Promotor Judi Online di Palembang

"Kegiatan ini merupakan salah satu sasaran non-fisik dari TMMD ke-117 yang bertujuan untuk mencegah abrasi di sekitar pulau Buru, yang dapat merugikan masyarakat," ujar Letkol Budianto.

Komandan Kodim 0317/TBK tersebut menyampaikan bahwa sebanyak 500 batang mangrove ditanam secara bersama-sama melibatkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat setempat.

"Kami juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya mencintai lingkungan khususnya pantai, mengingat masih banyak rumah warga yang berada di bibir pantai," tambah Dandim.

Baca juga: Tempat Pemakaman Umum di Padang Diterjang Longsor, Jenazah dan Kain Kafan Terbawa Hanyut

Kegiatan penanaman mangrove ini sangat disambut baik oleh masyarakat, karena menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar pantai dan dapat mencegah abrasi.

"Penanaman mangrove ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar pantai. Hewan-hewan pesisir seperti kepiting, ikan, dan kerang dapat hidup di sekitar pantai ini, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif pada ekonomi dan pengetahuan generasi muda yang mencintai lingkungan," ungkap Selam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews