BP Batam Gelar FGD Evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran Barang Logistik untuk Menjamin Kelancaran Arus Logistik di Batam

BP Batam Gelar FGD Evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran Barang Logistik untuk Menjamin Kelancaran Arus Logistik di Batam

Batam, Batamnews - BP Batam melalui Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal telah mengadakan FGD (Forum Group Discussion) Evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran Barang Logistik di KPBPB Batam. Kegiatan ini dilaksanakan di Marketing Center pada hari Kamis (13/7/2023).

Dalam acara tersebut, turut hadir perwakilan dari Bea Cukai Tipe B Batam dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kepulauan Riau (Kepri). Selain itu, perusahaan logistik di Batam juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, Surya Kurniawan Suhairi, menyatakan bahwa FGD ini merupakan langkah strategis yang diambil untuk mengevaluasi sistem yang telah diterapkan dan mencari solusi guna memperlancar kegiatan logistik di Batam.

"Saat ini kami mengidentifikasi adanya permasalahan dalam pelaporan realisasi dan IT inventory," kata Surya.

Baca juga: INFOGRAFIS: Penyesuaian Tarif Bongkar Muat Peti Kemas di Batam Mulai Berlaku Efektif

Permasalahan tersebut terjadi karena data realisasi pemasukan dan pengeluaran barang logistik pada IT Inventory tidak diisi dengan tepat oleh perusahaan logistik. Selain itu, sistem IT Inventory yang dimiliki oleh pelaku usaha logistik tidak memuat elemen data yang sesuai pada sistem IBOSS.

Lebih lanjut, Surya menyatakan bahwa IT Inventory menjadi salah satu prasyarat utama ketika perusahaan mengajukan izin keluar masuk barang logistik.

"Pertemuan ini diharapkan dapat memperbaiki sistem agar menjadi lebih baik. Dengan demikian, interkoneksi yang baik antara Bea Cukai Batam, Direktorat Jenderal Pajak, dan BP Batam dapat tercipta. Dengan adanya keterhubungan yang baik ini, perusahaan logistik di Batam dapat mengembangkan usahanya dengan lancar," ucapnya.

Hal ini sejalan dengan program Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam lalu lintas barang kepada para pelaku usaha.

Baca juga: Pembangunan IPAL untuk Menjaga Lingkungan di Kota Batam

"Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan para pelaku usaha logistik guna memastikan pemasukan dan pengeluaran barang di kawasan FTZ Batam dapat berjalan dengan lancar," kata Surya.

Sementara itu, salah satu perwakilan perusahaan logistik, Muhammad Efendi, menyambut baik kegiatan ini. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan yang diadakan oleh BP Batam sangat membantu pelaku usaha logistik, terutama dalam menyampaikan kendala dan saran terkait perizinan kegiatan logistik.

"Saat ini, fasilitas yang disediakan oleh BP Batam sudah mendukung kegiatan logistik, namun masih terdapat kendala yang perlu dievaluasi lagi dari segi sistemnya," ujar Efendi, perwakilan dari PT Cosmic Petroleum Nusantara.

Efendi berharap agar pemasukan dan pengeluaran barang di kawasan FTZ Batam dapat berjalan lancar. Dengan demikian, upaya BP Batam dalam menarik investor asing untuk berinvestasi di Batam dapat lebih terbantu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews