Gubernur Ansar: Anak-anak Kepri Harus Tumbuh Sehat Bebas Stunting

Gubernur Ansar: Anak-anak Kepri Harus Tumbuh Sehat Bebas Stunting

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, menghadiri kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Remaja melalui Program Generasi Emas Anti Stunting (GeMas) di SMKN 8 Sei Plugut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, pada Senin (10/7/2023).

Batam, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, menghadiri kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Remaja melalui Program Generasi Emas Anti Stunting (GeMas) di SMKN 8 Sei Plugut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, pada Senin (10/7/2023).

Kegiatan Gerakan GeMas, yang ditujukan kepada anak-anak usia sekolah dari SMAN dan SMKN se-Kepri ini dihadiri juga oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar.

Menurut Gubernur Ansar, program pencegahan stunting merupakan prioritas pemerintah untuk memastikan anak-anak Indonesia tumbuh dan berkembang secara optimal dengan kesehatan emosional yang baik.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya, seperti memberikan ASI eksklusif selama enam bulan, mendorong konsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta menjalani pola hidup bersih dan sehat. Hal ini diungkapkan oleh mantan Bupati Bintan selama dua periode itu.

Baca juga: Model Cilik Asal Karimun Raih Best of The Best Casual Denim IFP Model Hunt 2023

Ansar menyampaikan bahwa salah satu sasaran yang perlu mendapat perhatian adalah para remaja, termasuk para siswa sekolah. Mereka adalah generasi masa depan yang akan menentukan nasib bangsa dan negara.

"Ketika anak-anak kita terkena stunting, selain tampak secara fisik berbeda dengan orang normal, hal itu juga berdampak pada tingkat kecerdasan, yakni pola berpikir yang lemah. Mereka tidak dapat berpikir cerdas dan smart," jelasnya.

Dampaknya akan menjadi beban yang berat, baik bagi keluarga maupun negara. Oleh karena itu, Pemerintah ingin agar semua anak-anak kita lahir dan tumbuh dengan sehat, tanpa mengalami stunting.

Gubernur Ansar menambahkan bahwa jika generasi muda semua hidup sehat tanpa stunting, ketika tumbuh dewasa dan menikah, mereka juga akan mampu melahirkan keturunan yang sehat.

Baca juga: KPU Kepri: 711 Bacaleg DPRD Kepri Sudah Melakukan Perbaikan dari Sebelumnya 859 

"Kita juga harus bersyukur, karena tingkat stunting di Provinsi Kepri tahun lalu, yang berada di sekitar 17,6 persen, telah turun menjadi 15,4 persen. Dan tahun depan, tepatnya pada tahun 2024, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kita diminta untuk menurunkan angka stunting menjadi sekitar 14 persen," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Manajer Program Satgas Stunting BKKBN Kepri, Aditiya Wirapratomo, menyampaikan bahwa BKKBN selama ini terus melakukan pendekatan pencegahan stunting, mulai dari masa kehamilan hingga anak mencapai usia 1000 hari.

Selama kegiatan di SMKN 8 Batam, yang memiliki 5 jurusan seperti asisten keperawatan, farmasi, instrumen medis, teknologi laboratorium medis, dan teknik komputer jaringan, Gubernur Ansar juga memberikan hadiah berupa kuis kepada beberapa siswa yang beruntung. Selain itu, juga dilakukan nyanyian dan bersolawat bersama.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan piagam dukungan GeMas dari BKKBN Provinsi Kepri kepada SMKN 8. Selain itu, dilakukan acara minum obat tablet penambah darah dan pemberian vitamin untuk pencegahan stunting kepada semua siswa-siswi SMKN 8 Batam.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews