Pagoda Tertinggi di Indonesia akan Diresmikan Menteri Agama pada 8 Juli 2023 - Yuk Kenali Keindahannya!

Pagoda Tertinggi di Indonesia akan Diresmikan Menteri Agama pada 8 Juli 2023 - Yuk Kenali Keindahannya!

Komplek Vihara Avalokitesvara Graha Tanjungpinang (Foto: Jali)

Tanjungpinang, Batamnews - Pagoda tertinggi di Indonesia, yang berada di komplek Vihara Avalokitesvara Graha Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, akan segera diresmikan pada Sabtu, 8 Juli 2023 mendatang oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qaumas. Pagoda yang diberi nama Sata Sahasra Buddha ini memiliki tinggi mencapai 46,90 meter dan terdiri dari 9 lantai.

Proses pembangunan pagoda ini memakan waktu yang cukup lama karena dilakukan secara bertahap dan mengalami beberapa kendala, termasuk saat pandemi Covid-19. Pembangunan dimulai pada 24 Juni 2016. Hengky Suryawan, seorang veteran perjuangan dan pembina Yayasan Maitri Paramita yang mengelola pagoda ini, menjelaskan bahwa patung-patung Buddha di dalam pagoda ini didatangkan langsung dari China.

Baca juga : Jemaah Haji Keluhkan Layanan Bandara Hang Nadim Batam, Begini Respons Imigrasi dan PT BIB

Terdapat tiga patung Buddha berukuran besar yang dipasang di lantai utama, terbuat dari batu giok asli berwarna putih. Selain itu, patung-patung lainnya juga didatangkan dari China dan ditempatkan di setiap lantai. Dengan kehadiran pagoda ini, objek wisata religi keagamaan di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Kota Tanjungpinang, akan semakin diperkaya.

Hengky menekankan bahwa komplek vihara dan pagoda ini tidak hanya ditujukan untuk umat Buddha dalam beribadah, tetapi juga dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Masyarakat umum dapat mengakses dan menikmati keindahan serta suasana di dalam komplek ini untuk berwisata.

Baca juga : KORMI Kepulauan Raih Sukses di Fornas ke-VII Bandung: Delapan Medali Emas Ditargetkan!

Vihara Avalokitesvara Graha Tanjungpinang telah terkenal di mancanegara dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari Singapura, Malaysia, China, dan negara lainnya. Mereka datang untuk berwisata sekaligus beribadah. Hal ini telah menjadikan komplek vihara dan pagoda ini sebagai daya tarik wisata yang signifikan.

Selain menjadi pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Sata Sahasra Buddha juga akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pagoda ini akan dipasangi 20.708 keramik bermotif Buddha yang terpasang hampir di seluruh dindingnya. Penghargaan MURI akan diserahkan pada saat peresmian pagoda tersebut.

Dengan peresmian pagoda ini, diharapkan komplek Vihara Avalokitesvara Graha Tanjungpinang dapat semakin dikenal sebagai tujuan wisata religi yang menakjubkan serta menjadi lambang keberagaman dan kerukunan di Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews