Gubernur Kepri Ansar Ahmad Pimpin Rapat Persiapan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Pimpin Rapat Persiapan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, memimpin rapat persiapan untuk pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90 Tahun 2023.

Tanjungpinang, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, memimpin rapat persiapan untuk pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90 Tahun 2023. Rapat tersebut berlangsung di Gedung Daerah, Tanjungpinang, pada Minggu (2/7/2023).

Provinsi Kepri terpilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Penyiaran Nasional yang ke-90. Acara ini akan digelar dengan mengusung tema "Siaran Sehat Pemilu Bermartabat".

Gubernur Ansar Ahmad menekankan pentingnya penetapan Hari Penyiaran Nasional (HPN), karena melalui peringatan ini masyarakat dapat memahami bahwa fungsi penyiaran tidak hanya terbatas pada memberikan informasi, hiburan, pendidikan, dan kontrol sosial, tetapi juga dalam menjaga nilai-nilai moral, tata susila, budaya, kepribadian, dan kesatuan bangsa.

Rangkaian acara Harsiarnas di Kepri akan difokuskan di Kabupaten Bintan, khususnya di kawasan Bintan Lagoi Resort. Acara ini akan dimulai dengan Kick Off Harsiarnas ke-90 Tahun 2023 pada tanggal 15 Juli 2023 di Tugu Sirih Tanjungpinang.

Baca juga: Berenang Seru di Tanjung Pinang: Temukan Keindahan Kolam Renang Terbaik di Areca Waterpark

Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan Welcome Dinner dan Pembukaan Rakornas KPI se-Indonesia di Doulos Phos pada tanggal 10 Agustus 2023. Pelaksanaan Rakornas KPI se-Indonesia Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2023.

Berbagai kegiatan menarik juga akan digelar selama peringatan Harsiarnas. Dialog Interaktif dengan tema "Penyiaran Merawat Perbatasan" akan disiarkan langsung di pantai Lagoi Bay pada tanggal 12 Agustus 2023.

Pada hari yang sama, akan dilakukan kegiatan penanaman mangrove oleh pelajar dan insan pers. Workshop Literasi Sejuta Pemirsa dan Sosialisasi Pemilu di Provinsi Kepri akan dilaksanakan di Plaza Lagoi Bay pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Puncak peringatan Harsiarnas Tahun 2023 direncanakan akan dihadiri oleh Pelaksana tugas Menteri Komunikasi dan Informatika, Mahfud MD, pada tanggal 12 Agustus 2023.

Baca juga: Akibat Byarpet DPRD Provinsi Kepri Sidak ke PLTU Tanjung Kasam

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan bahwa even nasional seperti Harsiarnas ini sangat baik untuk mempromosikan Provinsi Kepri, karena hadir dalam acara ini adalah insan pers dari seluruh Indonesia. Ia juga meminta dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri dalam mendukung suksesnya acara ini.

"Hari ini saya lihat persiapan dan materinya sudah baik, karena ini acaranya scope nasional maka harus bisa kita maksimalkan, yang datang harus kita jamu dengan baik," kata Gubernur Ansar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, Hasan, S.Sos, menyebutkan peserta yang hadir adalah komisioner KPI dari seluruh Provinsi di Indonesia, ditambah anggota lembaga penyiaran dan insan pers lainnya.

"Biasanya Harsiarnas dilaksanakan di tempat dan waktu yang berbeda dengan Rakornas KPI se-Indonesia, tahun ini di Provinsi Kepri Harsiarnas dan Rakornas dilaksanakan berbarengan jadi ini momen yang istimewa," kata Hasan.

Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, mengakui adanya kerjasama yang sangat baik antara Pemprov Kepri dan KPI Pusat dalam mempersiapkan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023.

"Luar biasa komunikasi kami dengan Diskominfo Kepri dan KPID Kepri selalu lancar dan juga persiapan di daerah juga matang, kami yakin dengan kerjasama yang baik Harsiarnas tahun ini bisa berjalan dengan sukses," ujar Ubaidilah.

Diharapkan bahwa dengan pelaksanaan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023, Provinsi Kepri dapat menjadi tuan rumah yang sukses dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan penyiaran yang sehat dan bermartabat di Indonesia.

Turut hadir dalam rapat persiapan tersebut Asisten II Setdaprov Kepri, Luki Zaiman, Ketua KPID Kepri, Hengky Mohari, Komisioner KPI Pusat, anggota Tim Percepatan Pembangunan, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kepri.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews