Punya Destinasi Wisata Eksotis di Kepri, Berikut Dua Cara Mengunjungi Kabupaten Natuna

Punya Destinasi Wisata Eksotis di Kepri, Berikut Dua Cara Mengunjungi Kabupaten Natuna

Pemandangan salah satu pantai di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: dok. Kementerian Pariwisata)

Natuna, Batamnews - Kabupaten Natuna, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), merupakan surganya destinasi wisata yang menakjubkan. Kabupaten ini dianugerahi keindahan alam yang unik, mulai dari formasi batuan yang menakjubkan, pantai berpasir putih yang memukau, hingga air laut yang bening.

Tidak hanya itu, kabupaten ini juga menjadi salah satu Geopark Nasional Indonesia yang resmi diresmikan pada tahun 2018 lalu. Kecantikan alamnya telah menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Singapura, Jerman, Inggris, Prancis, Australia, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, dan Belanda.

Melansir laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, saat ini terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk mengunjungi Kabupaten Natuna, yaitu melalui transportasi udara dan laut.

Baca juga: Hujan Deras Diprediksi Guyur Natuna Minggu 2 Juli 2023

1. Transportasi Udara

Untuk mencapai Kabupaten Natuna melalui udara, Anda dapat mencari penerbangan yang menuju ke Bandara Natuna melalui Batam. Terdapat dua maskapai penerbangan yang melayani rute Batam-Natuna, yakni Wings Air dan NAM Air.

Penerbangan Wings Air tersedia setiap hari dari Senin hingga Sabtu, sedangkan penerbangan NAM Air hanya tersedia pada hari Kamis dan Sabtu.

Waktu tempuh menggunakan pesawat Wings Air sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan menggunakan NAM Air sekitar 50 menit. Saat pesawat berada di atas permukaan laut, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam bahari yang memukau.

Baca juga: Natuna, Surga Pulau Eksotis di Timur Laut Pulau Borneo

Setelah mendarat di Bandara Natuna, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari bandara untuk mencapai penginapan atau hotel yang ada di Kabupaten Natuna.

 

2. Transportasi Laut

Selain melalui udara, Kabupaten Natuna juga dapat dicapai melalui transportasi laut. Terdapat dua jenis kapal yang melayani perjalanan menuju Kabupaten Natuna, yaitu kapal Pelni dan RORO.

Kapal Pelni yang tersedia adalah KM. Bukit Raya dan KM. Sabuk Nusantara, yang dapat ditempuh dari Kijang atau Pontianak. Waktu perjalanan menggunakan kapal ini sekitar dua hari.

Bagi wisatawan yang berada di Kalimantan atau sekitarnya, Anda dapat naik KM. Bukit Raya atau KM. Sabuk Nusantara dari pelabuhan Pontianak. Sedangkan bagi yang berada di Kepulauan Riau, Anda dapat berlayar menggunakan KM. Bukit Raya atau KM. Sabuk Nusantara dari Pelabuhan Kijang.

Selain itu, terdapat juga kapal RORO, yaitu KM. Bahtera Nusantara, yang dapat menuju ke Pelabuhan RORO Tanjung Uban. Selama perjalanan laut, wisatawan akan berkesempatan singgah di beberapa pulau di Kepulauan Riau, seperti Pulau Serasan, Midai, Subi, dan Anambas.

Kapal Pelni akan bersandar di Pelabuhan Selat Lampa dan setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kota Ranai yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sementara itu, KM. Bahtera Nusantara akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai hotel atau penginapan.

Kabupaten Natuna menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pemerintah daerah dan dinas pariwisata Natuna terus berupaya memperbaiki infrastruktur dan layanan agar pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Jadi, jika Anda mencari liburan yang penuh petualangan dan keindahan alam, jangan lewatkan Kabupaten Natuna dalam daftar tujuan wisata Anda!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews