Niat Puasa Idul Adha: Menguatkan Iman dan Mendekatkan Diri kepada Allah

Niat Puasa Idul Adha: Menguatkan Iman dan Mendekatkan Diri kepada Allah

Ilustrasi Berdoa - Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Dalil dan Keutamaannya (Foto: Pixabay)

Batam, Batamnews - Idul Adha, salah satu hari besar yang diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia, telah tiba. Juga dikenal dengan sebutan Lebaran Haji atau Hari Raya Qurban, perayaan ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah atau Kamis, 29 Juni 2023.

Salah satu ibadah yang menjadi ciri khas Idul Adha adalah penyembelihan hewan qurban. Tindakan ini mengandung hikmah dari kesabaran Nabi Ibrahim A.S., yang masih dipraktikkan oleh umat Islam hingga saat ini.

Sama seperti Idul Fitri, Idul Adha juga disertai dengan salat ied yang dilaksanakan di pagi hari. Setelah salat, prosesi penyembelihan hewan qurban dilaksanakan. Selain itu, terdapat juga anjuran-anjuran lain dalam rangka menyambut dan merayakan Idul Adha. Kali ini, kami akan membahas tentang niat puasa Idul Adha.

Baca juga: Bacaan Niat Salat Idul Fitri, Lengkap dengan Tata Cara dan Urutannya

Seiring dengan mendekati Idul Adha, terdapat anjuran untuk melaksanakan beberapa puasa. Salah satunya adalah puasa Tarwiyah dan Arafah. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai kedua puasa tersebut.

Anjuran Idul Adha

1. Puasa Tarwiyah

Anjuran saat menjelang Idul Adha yang pertama yaitu melaksanakan puasa tarwiyah. Ibadah sunnah ini dapat dilakukan pada 8 Dzulhijjah. Adapun dalil yang membahas puasa tarwiyah adalah berikut ini:

“Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa dua tahun.” Diriwayatkan oleh Abusy Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Ibnu ‘Abbas.

Baca juga: Niat Salat Tarawih Berjamaah dan Sendiri, Lengkap dengan Artinya

Meski begitu, hukum dari puasa tarwiyah masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Ibnul Jauzi menyatakan bahwa hadits di atas tergolong tidak shahih. Kemudian Asy Syaukani menyebutkan hal yang sama dengan menambahkan bahwa perawinya tidak akurat. Demikian juga dengan Syaikh Al Albani menganggap hadits tersebut bersifat dhaif atau lemah.

Di samping itu, pelaksanaan puasa tarwiyah dapat dipertimbangkan lebih lanjut dengan keyakinan masing-masing. Anda juga bisa mencari dalili penunjang lainnya untuk meneguhkan iman apabila ingin melaksanakannya.

Sementara pelaksanaannya serupa seperti puasa di bulan Ramadhan dan sunnah lainnya. Setelah itu, Anda bisa melaksanakan puasa di hari berikutnya.

 

2. Puasa Arafah

Puasa Arafah merupakan jenis puasa lain yang dianjurkan pada tanggal 9 Dzulhijjah, tepatnya satu hari sebelum Idul Adha tiba. Diketahui bahwa ibadah sunnah ini jatuh pada hari Arafah.

Melansir Almanhaj, hari Arafah merupakan hari yang paling utama sepanjang tahun Hijriyah. Sebagaimana hadits berikut ini:

Tidak ada hari-hari di mana amal saleh di dalamnya lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada hari–hari yang sepuluh ini”. Para sahabat bertanya, “Tidak juga jihad di jalan Allâh ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak juga jihad di jalan Allâh, kecuali orang yang keluar mempertaruhkan jiwa dan hartanya, lalu tidak kembali dengan sesuatupun.” [HR al-Bukhâri no. 969 dan at-Tirmidzi no. 757, dan lafazh ini adalah lafazh riwayat at-Tirmidzi]

3. Mengumandangkan Takbir

Anjuran satu ini disunnahkan ketika menjelang Idul Adha. Tepatnya ketika matahari mulai terbenam (satu hari sebelum Idul Adha). Takbir sebaiknya dilafalkan hingga hari tasyrik (13 Dzulhijjah) tiba.

Diketahui bahwa di sejumlah daerah, takbir akan senantiasa dikumandangkan hingga hari tasyrik. Tepatnya setelah salat wajib.

4. Mandi Besar sebelum Shalat Ied

Sunnah melaksanakan mandi besar juga berlaku untuk Idul Adha. Tujuannya yaitu mensucikan diri dan membebaskan tubuh dari najis dan hadas.

Diketahui bahwa anjuran ini diriwayatkan melalui hadits berikut:

“Dari Nafi’, beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan”. (HR. Malik dan asy-Syafi’i dan sanadnya shahih)

 

Niat Puasa Idul Adha

1. Niat Puasa Idul Adha: Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.”

2. Niat Puasa Idul Adha: Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

3. Niat Puasa Idul Adha: Membaca Niat Saat Matahari Akan Tergelincir

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.

Artinya: Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ.

Demikian penjelasan mengenai anjuran dan niat puasa Idul Adha yang dapat diterapkan. Sunnah-sunnah tersebut bisa dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, kita juga bisa lebih memaknai Idul Adha itu sendiri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews