SMN Minta Solusi Bijak dari Wali Kota Batam terkait Penggusuran Warga Ruli KDA

SMN Minta Solusi Bijak dari Wali Kota Batam terkait Penggusuran Warga Ruli KDA

SMN bertemu dengan warga yang tinggal di rumah liar, atau yang dikenal sebagai ruli, yang mengadukan masalah mereka yang terkena dampak pelebaran jalan di Jalan Sudirman.

Batam, Batamnews - Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Surya Makmur Nasution, meminta agar Wali Kota Batam, HM Rudi, untuk memberikan solusi terbaik kepada warga RT 02/RW 033 Kurnia Djaja Alam, Kelurahan Belian, Batam Kota, yang akan digusur akibat pelebaran jalan di Jalan Sudirman.

"Saya meminta Pak Wali, yang juga Kepala BP Batam, untuk tidak melakukan penggusuran terlebih dahulu sebelum memberikan solusi terbaik kepada warga," ujar SMN saat ditemui wartawan di Batam pada Kamis (22/6/2023).

Sehari sebelumnya, SMN bertemu dengan warga yang tinggal di rumah liar, atau yang dikenal sebagai ruli, yang mengadukan masalah mereka yang terkena dampak pelebaran jalan di Jalan Sudirman.

Baca juga: Perayaan ke-50 Kebun Binatang Singapura: Tur Baru Mengenal Serangga di Balik Layar dan ZOObilee Trail

Seorang warga RT 03/RW 033 KDA, Budi menyatakan bahwa pihaknya telah dua kali menerima surat peringatan dari Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Terhadap Pelanggaran Peraturan Daerah.

Surat pertama bernomor 112, tertanggal 9 Juni 2023, yang ditandatangani oleh Wakil Ketua 2 Moch Badrus. Surat kedua bernomor 115, tertanggal 15 Juni 2023, juga ditandatangani oleh Moch Badrus.

Inti dari kedua surat tersebut adalah agar warga membongkar atau mengosongkan rumah mereka mulai tanggal 19 hingga 25 Juni 2023. Jika tidak diindahkan, Tim Terpadu akan melakukan pengosongan atau pembongkaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan segala kerugian yang timbul akibat penertiban tidak ditanggung oleh Tim Terpadu.

Baca juga: BP Batam Membangun Tower Air dan Memasang IPA Baru di Seiharapan

“Kalau kami digusur, kami berharap Pak Wali Kota atau Kepala BP Batam memberi pengganti lahan yang telah kami tempati ini puluhan tahun lalu,” ujar Budi memohon.

Dalam pertemuan dengan warga, SMN menyatakan bahwa dalam situasi sulit ekonomi seperti sekarang ini, Pemerintah Kota Batam diharapkan dapat lebih bijaksana dan memberikan solusi terbaik kepada warga.

"Penting bagi pemerintah untuk berdialog dengan warga dan mencari solusi terbaik sesuai dengan harapan mereka. Terlebih lagi, saya melihat bahwa warga bersedia direlokasi," tegas SMN.

SMN juga menambahkan bahwa jika memungkinkan, penggusuran sebaiknya ditunda. Berikan kesempatan kepada warga untuk tetap tinggal sementara waktu sambil mencari jalan keluar yang terbaik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews