Dinas Perhubungan Kota Batam Lakukan Uji Coba Retribusi Parkir Jalanan Sebelum Lelang Pihak Ke Tiga

Dinas Perhubungan Kota Batam Lakukan Uji Coba Retribusi Parkir Jalanan Sebelum Lelang Pihak Ke Tiga

Dinas Perhubungan Kota Batam lakukan uji coba retribusi parkir pihak ke tiga sebelum lelang (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Dinas Perhubungan Kota Batam akan mengadakan uji coba parkir di 100 lokasi. Uji coba ini sebagai langkah persiapan sebelum pelaksanaan lelang retribusi parkir ke pihak ketiga.

Salim, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, menjelaskan bahwa tujuan dari uji coba ini adalah untuk menguji potensi pendapatan yang dapat dihasilkan melalui pengelolaan retribusi parkir oleh pihak ketiga. 

Uji coba tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli.

Baca juga: Pembangunan Tol Jambi-Rengat: Sebagian Besar Lewat Wilayah Tanjung Jabung Barat. Ada Exit Tol dan Rest Area

Dalam uji coba ini, pihak ketiga yang akan mengelola retribusi parkir akan ditunjuk oleh Dinas Perhubungan. 

Masa uji coba ini akan berlangsung selama 2 bulan, dengan kemungkinan perpanjangan jika proses lelang belum selesai. Kontrak akan dibuat dengan pihak yang terpilih untuk melaksanakan uji coba tersebut.

Salim berharap bahwa melalui uji coba ini, Dinas Perhubungan dapat melihat potensi pendapatan yang dihasilkan dari retribusi parkir. Sehingga saat dilakukan lelang, dapat dipastikan keberhasilan pengelolaan retribusi parkir oleh pihak yang memenangkan lelang.

Baca juga: Simpan Sabu Dalam Dubur, Penumpang Pesawat dari Batam Ditangkap di Bangka Belitung

Saat ini, proses persiapan dokumen lelang sedang berjalan, termasuk penyusunan syarat kontrak dan persyaratan lainnya. Dinas Perhubungan juga masih menunggu aturan turunan dari Undang-Undang keuangan terkait pengelolaan retribusi parkir oleh pihak ketiga.

Pengelolaan parkir tepi jalan dan mandiri di 9 Kecamatan Kota Batam direncanakan akan diserahkan kepada pihak swasta atau pihak ketiga pada tahun 2023. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan retribusi parkir dan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews