Ini 4 Smartphone Canggih yang Layak Ditunggu Tahun 2016

 Ini 4 Smartphone Canggih yang Layak Ditunggu Tahun 2016

Ilustrasi Xiaomi Mi 5. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Akhir tahun biasanya dijadikan momen obral besar-besaran oleh sejumlah brand. Ini karena bertepatan juga dengan liburan perayaan tahun baru dan Natal. Itu juga yang menjadi alasan bagi Apple mengapa mereka mengenalkan produknya setiap September.

Di Indonesia, momen obral-obral belum ini juga dilakukan oleh sejumlah toko-toko online terkemuka. Bahkan katanya ada yang diskonnya bisa mencapai 90 persen. Tapi tentu persediaannya juga tidak banyak alias terbatas.

Nah, tahun 2016 ini ada beberapa smartphone canggih yang bakal hadir. Beberapa smartphone yang bakal muncul di 2016 diantaranya:

1. Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5 digadang-gadang sebagai smartphone jagoan berikutnya milik perusahaan yang digawangi oleh Lei Jun.  Smartphone ini boleh jadi ditunggu-tunggu oleh para penggemar Xiaomi karena disebut-sebut bakal didukung dengan chipset terbaru Snapdragon 820.

Fitur unggulan lainnya termasuk sensor sidik jari, NFC untuk mendukung layanan pembayaran elektronik dan 4GB RAM. Untuk harga, Chief Engineer dari China Telecom Guangzhou Research Institute, memperkirakan Mi 5 bisa dibanderol antara 2000-3000 Yuan ( Rp 4-6 jutaan).

Gambar Xiaomi Mi 5 sudah sering berkeliaran di dunia maya. Tampilannya modis dengan layar nyaris tanpa bezel.

 2. Huawei Mate 8

Mate 8, smartphone besutan Huawei ini sebetulnya sudah resmi diperkenalkan 26 November 2015 lalu. Handset ini pun sudah dijual di negeri asalnya Tiongkok. Tapi, Anda tidak akan menemukannya di negara lain sebeoum ajang CES 2016 mendatang.

Smartphone ini tampil berbalut layar besar 6.0 inci dan baterai berkapasitas besar, 4000 mAh. Layar Huawei Mate 8 ini berdisain lengkung 2.5 IPS (In-Plane-Switching) dengan resolusi layar full HD berkerapatan mencapai 367ppi.

Mate 8 dibekali fitur fotografi berupa sensor kamera Sony IMX298 dengan resolusi 16 megapiksel (f/2.0) pada bagian belakang. Sementara sisi depannya melekatkan sensor Sony IMX179 berkekuatan 8 megapiksel (f/2.4).

Huawei Mate 8 ditenagai chipset Hisilicon Kirin 950, dengan prosesor quad-core 2,3 Cortex-A72 dan quad-core 1,8GHz cortex-A53. Memori RAM yang ditandemkan sebesar 3GB/4GB, ditunjang penyimpanan internal 32GB/64GB. Canggihnya lagi, chipnya mengkombinasikan teknologi slicon dual sourcing 14nm dan 16nm.

3.  Samsung A9 Generasi Kedua

Sampai saat ini, begitu banyak bocoran Samsung Galaxy A9 generasi kedua, termasuk soal penggunaan layar 5,5 inci. Ternyata hal ini tidak benar, Galaxy A9 generasi kedua memiliki layar lebih besar, 6 inci 1080p Super AMOLED.

Menurut beberapa bocoran gambar yang tampaknya berasal dari Samsung Tiongkok, bukan cuma ukuran layar saja yang terungkap, tetapi juga kapasitas baterai yang cocok untuk layar besar yakni 4000 mAh. Selain itu, smartphone kelas menengah Samsung itu juga dibekali kamera 13 MP di bagian belakang, kamera depan 8 MP, pemindai sidik jari, dengan chipset Snapdragon 620 octa-core, 3 GB RAM, dan 32 GB ruang penyimpanan.

Samsung Galaxy A9 adalah bagian dari Samsung Galaxy seri A 2016 (yang juga termasuk generasi kedua Galaxy A3, A5 Galaxy, dan Galaxy A7),  dengan ciri menggunakan bingkai logam.  Kabarnya Samsung Galaxy A9 akan dirilis akhir bulan ini, atau paling lambat Januari 2016 di Tiongkok. Untuk harga, kemungkinan akan berada di kisaran 450 dolar AS atau sekitar Rp 6 jutaan.

4. Asus Zenfone 3

Buat penggemar Asus, ada Zenfone 3 yang layak Anda tunggu. Pabrikan asal Taiwan itu tampaknya mencoba untuk mengulangi kesuksesan mereka pada Zenfone 2, ponsel pertama di dunia dengan RAM 4 GB. Nah, untuk Zenfone 3, Asus pun tampaknya ingin menjadikan smartphone pertama dengan 6 GB RAM.

Sebelumnya, beberapa rumor mengatakan bahwa Asus Zenfone 3, akan datang dengan RAM 5 GB. Namun, itu sebelum Samsung mengumumkan RAM 6 GB untuk smartphone mereka. Jadi, logikanya, ASUS akan mengambil kesempatan ini untuk ikut bertempur dengan 6GB RAM pada Zenfone generasi ketiganya.

Untuk spesikasi lainnya, Zenfone 3 diperkirakan menyandang layar 4K tahun. Oleh karena itu, Asus Zenfone 3 bakal menjadi menjadi smartphone 5,5 inci HD display Quad yang diidamkan. Tentang prosesor, mungkin Zen 3 akan tetap menggunakan chip dari Intel dan menggunakan USB type C.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews