Tingkatkan Perekonomian dan Pariwisata

Cen Sui Lan: Menteri PUPR Setujui Rencana Pembangunan Jembatan Senayang-Sebangka di Lingga

Cen Sui Lan: Menteri PUPR Setujui Rencana Pembangunan Jembatan Senayang-Sebangka di Lingga

Suasana pelabuhan dan pesisir Pulau Senayang di Lingga tampak dari atas. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Kabar baik datang bagi masyarakat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah mengumumkan rencana pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Aspirasi masyarakat Lingga tersebut diungkapkan oleh Cen Sui Lan dalam rapat kerja (Raker) Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR, yang berlangsung pada Rabu (7/6/2023) di ruang rapat Gedung DPR RI Senayan, Jakarta.

Raker ini bertujuan untuk membahas pembicaraan awal RKP/RKA Kementerian PUPR tahun anggaran 2024, evaluasi kegiatan tahun anggaran 2023, serta tindak lanjut temuan BPK RI tahun anggaran 2022.

Dalam Raker tersebut, Cen Sui Lan menyampaikan beberapa usulan program pembangunan di Provinsi Kepri. Salah satunya adalah permintaan pembangunan jembatan penghubung Senayang ke Sebangka pada tahun anggaran 2024. Usulan ini langsung disetujui oleh Menteri PUPR RI.

Baca juga: Cen Sui Lan Ngadu ke Menteri Perhubungan Minta Roro Mini untuk Lingga

Rencana pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga ini bermula dari aspirasi masyarakat Senayang yang disampaikan kepada Cen Sui Lan saat kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) pertengahan Mei 2023 lalu, di Senayang, Kabupaten Lingga.

Menindaklanjuti hasil Kundapil tersebut, BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR telah menyusun DED dan RAB yang diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

"Saat ini, BPJN Kepri sedang menyelesaikan semua persiapan agar semuanya siap," tegas Cen Sui Lan setelah menerima penjelasan dari Hedy Rahardian, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, dalam Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR.

Cen Sui Lan menjelaskan bahwa jembatan yang menghubungkan Pulau Senayang dan Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, akan dapat meningkatkan perekonomian, pariwisata, serta membuka daerah pertumbuhan ekonomi baru.

Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Lingga membutuhkan pembangunan jembatan sebagai konektivitas antara dua pulau, Senayang dan Sebangka. Pulau Senayang merupakan pusat pemerintahan dengan kondisi akses yang tidak memadai. Seluruh kantor pemerintah harus dijangkau melalui perjalanan kapal, yang tidak efisien.

Baca juga: Dinas Pertanian Proses CPCL PT. CSA, Perkebunan dan Pabrik Sawit Segera Berdiri di Lingga

“Dengan membangun jembatan itu, akan membuka akses daerah. Membuka perekonomian dan membuka pariwisata. Tolong dibantu pembangunan jembatan Senayang ke Sebangka, di Kabupaten Lingga ini,” pinta Cen kepada Menteri PUPR, yang langsung disetujui.

Sebelumnya, Cen juga menerima aspirasi dari Bupati Lingga Muhammad Nizar, pada saat Kundapil ke Kabupaten Lingga, 15-17 Mei 2023. Selain dari bupati, Cen Sui Lan juga menerima aspirasi masyarakat saat berkunjung ke Senayang.

Dari Bupati Lingga, aspirasi yang diterima Cen Sui Lan itu tentang rencana pembangunan strategis berupa infrastruktur di Kabupaten Lingga. Seperti pembangunan waduk, pengadaan roro mini untuk Senayang sekitarnya. Revitalisasi Kota Dabo, hingga preservasi jalan nasional. Selain itu, masyarakat di Senayang juga meminta pembangunan jembatan, selain penyediaan kapal roro mini.

“Pulau Sebangka bisa dikembangkan untuk kawasan industri dan pariwisata, dan pulaunya sangat luar dan besar. Ini salah satu pulau yang menjadi sentral pertumbuhan baru di Kabupaten Lingga,” ungkap Cen Sui Lan yang ketika melakukan Kundapil menerima aspirasi dari Indra Jaya Camat Senayang dan ratusan tokoh masyarakat Kecamatan Senayang yang melakukan dialog dengan Cen Sui Lan di Kantor Camat Senayang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews