DPRD Bintan Gelar Paripurna LKPj 2021, Pemkab Bintan Diminta Evaluasi Pelayanan Publik

DPRD Bintan Gelar Paripurna LKPj 2021, Pemkab Bintan Diminta Evaluasi Pelayanan Publik

Bintan - DPRD Bintan menggelar rapat paripurna penyampaian surat keputusan pimpinan DPRD Bintan tentang rekomendasi DPRD Bintan atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir tahun anggaran 2021. Rapat paripurna dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Bintan di Bintan Buyu. 

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti dengan dihadiri Wakil Ketua II DPRD Bintan, Agus Hartanto dan Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan serta segenap anggota DPRD Bintan dan sejumlah kepala OPD Bintan, Rabu (27/4/2022).

Wakil Ketua Pansus LKPj, Mirwan memberikan beberapa rekomendasi DPRD Bintan atas LKPj Bupati Bintan akhir tahun anggaran 2021. Dari sisi pendapatan realisasi mencapai sekira Rp 1,12 triliun lebih dari target sekira Rp 1,08 triliun lebih.

Sementara untuk sisi belanja terealisasi sekira Rp 1,12 triliun lebih dari target sekira 1,23 triliun lebih. Sedangkan pembiayaan daerah terealisasi 100 persen dari Rp 149 miliar lebih. pertumbuhan penduduk pada tahun 2021, dimana jumlah penduduk sekira 162.561 jiwa dari 159.518 jiwa dengan laju penduduk sekita 1,91 persen.

Kemudian indeks pembangunan manusia (IPM) berdasarkan BPS Bintan bahwa IPM mencapai sekira 74,5 point atau meningkat dibandingkan tahun 2020 sekira 74,13 point.

Beberapa rekomndasibyang disampikan DPRD dalam pansus yakni, memberikan seragam gratis, meningkatkan pengawasan dan pemberian dana BOS. Mencari metode oasca pandemik Covid 19, meningkatkan profesi guru, memberikan pelayanan berobat gratis agar terus berjalan.Meningkatkan sistem SPAM di perdesaan agar tidak lagi ditopang dari APBD, melakukan verifkasi DKTS dan meningkatkan pelayanan terbpadu bagi warga miskin.

Selain itu, DPRD Bintan juga mengapresiasi Pemkab Bintan karena menerima penghargaan dalam percepatan vaksinasi dan penanganan covid-19.

Terkait hal ini, DPRD Bintan juga merekomendasikan agar dilakukan evaluasi pelayanan publik dalam memberikan kemudahan pelayanan berobat gratis dan sosialisasi mekanisme berobat gratis dengan menggunakan KTP Bintan.
Mirwan berharap, Pemkab Bintan dapat menindaklanjuti sejumlah catatan dan rekomendasi yang diberikan dari DPRD Kabupaten Bintan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan, ada tantangan pada pandemik namun pemda terus berupaya dalam pencapaian target pemerintah.

Hasil pembangunan masih dapat dirasakan, begitu juga pemda masih dapat WTP dan penghargaan lainnya, hal ini tidak terlepas dari kebersamaan dalam membangun. Tentunya ini juga menjadi penyemangat pemerintah dalam bekerja untuk masyarakat.

Melalui catatan strategis menjadi referensi pada tahun 2022 ini akan menjadikan kebangkitan Kabupaten Bintan untuk berbenah lebih baik lagi kedepannya.

"Saya sampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran OPD, desa dan masyarakat Bintan, pihak swasta yang telah memberikan dukungan dan pembangunan pada tahun ini, kita berharap DPRD tetap memberikan dukungan kepada pemerintah dalam cek and balance, rekomndasi yang diberikan akan dijadikan catatan untuk pembangunan lebih baik kedepan," tambah.

  • Wakil Ketua Pansus, Mirwan menyerahkan berkas rekomendasi LKPj Bintan 2021 ke Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan.

  • Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti, Wakil Ketua II DPRD Bintan Agus Hartanto dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka rapat paripurna persetujuan LKPj Bintan 2021

  • Plt Sekretaris DPRD Bintan, Riang Anggraini membacakan surat keputusan terkait LKPj Bintan 2021.

  • Wakil Ketua Pansus, Mirwan menyampaikan rekomendasi DPRD Bintan terkait LKPj Bintan 2021.

  • Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan keberhasilan Pemkab Bintan  dalam pembangunan 2021.

  • Anggota DPRD Bintan menghadiri rapat paripurna rekomendasi terhadap LKPj Bintan 2021.

  • Kepala OPD Bintan menghadiri rapat paripurna rekomendasi terhadap LKPj Bintan 2021.

  • Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti dan Wakil Ketua II DPRD Bintan Agus Hartanto menyaksikan penyerahan berkas rekomendasi LKPj Bintan 2021.

  • Seluruh hadirin menyaksikan penyampaian pendapat terkait LKPj Bintan 2021 dari Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan.

  • Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyalami Anggota DPRD Bintan.

  • Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti membuka rapat paripurna rekomendasi LKPj Bintan 2021.