Gubernur Kepri Ansar Ahmad Meninjau Kegiatan Vaksinasi di RS Hj Bunda Halimah

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Meninjau Kegiatan Vaksinasi di RS Hj Bunda Halimah

Batam, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga moderna bagi tenaga kesehatan telah dimulai, pada Senin (9/8/2021). Di Kepri, nakes yang berkesempatan pertama kali mendapat kesempatan disuntik vaksin ini adalah dari Kota Batam.

Program ini diawali dengan acara Pencanangan Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Tenaga Kesehatan se-Kepri oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang digelar di rumah sakit Hj. Bunda Halimah Batam.

Pada kesempatan ini, penyuntikan pertama diberikan kepada Direktur RS Hj. Bunda Halimah, dr. Ibrahim. Selanjutnya, pemberian vaksin dosis ketiga pun dibagikan kepada 76 tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut di hari yang sama.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, pemberian vaksin dosis ketiga bagi nakes ini telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK 02.01/11919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Seluruh tenaga kesehatan, baik yang bekerja di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta berhak mendapatkan vaksin booster ini," ujar Ansar.

Ansar mengatakan, pemberian vaksin dosis ketiga ini memang diberikan khusus kepada tenaga kesehatan karena masih banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 meski telah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

"Selain itu, penyebaran Covid-19 juga masih meluas di seluruh provinsi, maka dari itu diperlukan intervensi vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan yang berhadapan dengan risiko tinggi terpapar Covid-19," kata Ansar.

Adapun vaksin dosis ketiga Moderna untuk nakes sudah didistribusikan ke beberapa rumah sakit di kabupaten/kota se-Kepri, dengan rincian alokasi sebagai berikut:

Pada tanggal 6 Agustus 2021, Kota Tanjungpinang menerima 80 vial dengan sasaran 1.120 nakes. Kabupaten Bintan menerima 46 vial dengan sasaran 644 nakes. Kabupaten Lingga menerima 61 vial dengan sasaran 854 nakes. Kabupaten Natuna menerima 70 vial dengan sasaran 980 nakes dan Kabupaten Anambas menerima 47 vial dengan sasaran 658 nakes.

Kemudian pada tanggal 7 Agustus 2021, Kota Batam menerima 410 vial dengan sasaran 5.740 nakes; dan Kabupaten Karimun menerima 109 vial dengan sasaran 1.560 nakes.

"Sehingga total nakes yang akan divaksin dosis ketiga kali ini adalah 11.556 nakes," ungkap Ansar. 

Di RS Hj. Bunda Halimah yang menjadi tempat pertama pemberian vaksin, ada 76 nakes yang akan divaksin perdana yang berasal dari instansi TNI Polri sebanyak 10 nakes, 21 orang perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), 5 nakes dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), 5 nakes dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), 10 nakes dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), 10 nakes dari Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATEKI), 10 nakes dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan 5 nakes dari Perhimpunan Radiografer Indonesia (Pari). 

Usai disuntik vaksin dosis ketiga ini, Direktur RS Hj. Bunda Halimah, dr. Ibrahim, mengaku tidak merasakan gejala efek samping apapun. Diapun berharap pemberian dosis ketiga vaksin ini, dapat meningkatkan imun tubuh nakes agar tahan terhadap Covid-19.

"Nggak ada efek samping kok, meskipun sudah tiga dosis. Vaksin ini kan memang fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi jangan takut untuk divaksin," kata Ibrahim. 

(ude)