10 Game Teraneh yang Wajib Diketahui, dari Cruelty Squad hingga Earthbound

10 Game Teraneh yang Wajib Diketahui, dari Cruelty Squad hingga Earthbound

Mengintip sejarah video game yang panjang, tidak lepas dari hadirnya game-game aneh yang pernah dibuat. (Foto: Shutterstock)

Batam, Batamnews - Mengintip sejarah video game yang panjang, tidak lepas dari hadirnya game-game aneh yang pernah dibuat. Memang game yang lebih populer adalah game yang dibuat dengan kaidah normal tanpa unsur-unsur aneh atau setidaknya minim.

Tapi bagaimana kalau developer kepikiran untuk menciptakan sebuah game yang 'terlalu kreatif' hingga membuat yang memainkannya kebingungan apa maksud dari game tersebut. Mengingat video game sudah memiliki ribuan, jika tidak puluhan ribu game, seharusnya ada beberapa game yang masuk kategori aneh kan?

Jika kalian sudah membaca judul artikel ini, seharusnya kalian sudah kena spoiler ada beberapa game yang memang masuk kategori game aneh. Penulis telah mengumpulkan daftar ini untuk kalian yang penasaran dan mungkin tertarik ingin mencobanya (meskipun tidak disarankan).

Berikut adalah game aneh yang kami maksud:

1. Cruelty Squad

Game ini sejatinya adalah game shitpost yang dikemas dalam bentuk game FPS. Dengan menu aneh yang seakan-akan dibuat secara tidak sengaja membuatnya cocok masuk ke daftar game aneh ini.

Game ini memiliki desain yang lebih cocoknya disebut sebagai mimpi buruk di siang bolong, di mana tekstur, musik, dan bahkan ceritanya pun tidak masuk akal sama sekali. Jika kalian tertarik mencoba game ini, perlu diperhatikan bahwa game ini kurang cocok untuk orang yang memiliki penyakit fotosensitif.

2. I Am Bread

Biasanya game menghadirkan tokoh utama yang keren atau setidaknya merupakan makhluk hidup. Tapi di game ini, kalian berperan sebagai sehelai... roti. Ya, tidak salah baca, kalian disini memainkan sehelai roti yang memiliki cita-cita menjadi roti panggang. Ya, itu saja.

3. Baba Is You

Game ini didesain dengan sejumlah peraturan sebagai gameplaynya. Misalnya, dalam game RPG ada beberapa armor yang hanya bisa dikenakan oleh class tertentu atau semacam skill yang khusus untuk job tertentu. Berbeda dengan game pada umumnya, mekanisme gameplay di game ini adalah tentang mengubah peraturan dalam game.

Game puzzle ini mengandalkan sejumlah premis yang bisa kalian ubah untuk menyelesaikan puzzle. Di sini, kalian benar-benar harus berpikir di luar kotak atau bahasa kerennya "out-of-the-box".

 

4. Antichamber

Game ini merupakan game puzzle yang terlihat simpel namun memberikan kesan yang cukup seram. Apalagi jika kalian adalah orang yang menderita claustrophobia karena dihadapkan dengan ruangan sempit tanpa penghuni.

Tidak hanya eksplorasinya yang unik, game ini diibaratkan seperti ketika kita tersesat dalam mal dan terpisah dari orang tua alias membingungkan.

5. Inside

Game ini memiliki kesamaan dengan game Limbo. Selain dibuat oleh studio yang sama, gameplay yang ditawarkan juga mirip-mirip. Jadi, jika kalian berharap mendapatkan teks atau apapun itu tulisan di dalam game, maka sebaiknya kecewa dari sekarang karena game ini benar-benar harus dimainkan langsung dan tanpa ada petunjuk.

Hal yang menarik dari game ini adalah bagian endingnya yang sampai sekarang masih membuat bingung beberapa gamer dan menjadikannya salah satu game paling aneh di dunia hingga saat ini.

6. Superliminal

Belum lengkap jika tidak ada game yang mengandung unsur surrealisme dalam daftar game aneh. Di game puzzle ini, segalanya tergantung pada pola pikir dan pandangan kita terhadap benda-benda dalam permainan.

Ya, game ini menggunakan perspektif sebagai elemen utama dalam menyelesaikan puzzle. Selama bermain, kalian akan terpesona oleh ilusi optik yang membingungkan mata.

7. Who's Your Daddy

Game yang aneh tapi dapat dimainkan secara multiplayer? Cobalah memainkan game ini. Kalian akan memainkan peran sebagai ayah atau anak bayi usil yang mencoba membuat sang ayah panik. Sedangkan tujuan sang ayah adalah menjaga anaknya agar tidak mati akibat berbagai bahaya.

8. Plug & Play

Salah satu game yang tidak jelas yang paling populer adalah game ini. Jika kalian mengikuti VTuber, pasti tahu bahwa game ini wajib dimainkan oleh setiap anggota baru. Selain aneh, game ini juga tidak memberikan penjelasan apa pun tentang apa yang harus dilakukan pemain dengan objektif yang ada.

9. Attack of the Mutant Penguins

Pada pandangan awal, game ini terlihat seperti game jadul biasa. Namun, yang membuatnya aneh adalah alasan mengapa kalian harus melawan penguin yang ingin berubah menjadi mutant penguin (?) dan harus membuka peti yang hanya bisa dibuka dengan kunci. Tapi justru peti ini hanya bisa dibuka dengan makhluk gremlin, dan alih-alih membukanya, peti tersebut justru meledak. Sungguh sebuah mekanisme permainan yang aneh.

10. Earthbound

Game ini, yang dikenal dengan nama Mother 2 di Jepang, adalah salah satu game aneh yang bisa kalian mainkan. Game ini merupakan pandangan orang Jepang terhadap budaya Amerika yang disajikan dalam bentuk permainan. Berbeda dengan game fantasi pada umumnya, Earthbound mengambil latar dunia modern dengan sentuhan sci-fi di dalamnya.

Meskipun awalnya tidak begitu populer di negara Barat, seiring berjalannya waktu, game ini menjadi salah satu judul klasik yang harus kalian mainkan, tidak hanya dari segi mekanika permainannya, tetapi juga humornya yang aneh untuk sebuah game Jepang.

Itulah daftar 10 game teraneh yang dapat kita temui di dunia video game. Meskipun aneh, beberapa dari game-game ini berhasil mencuri perhatian dan menjadi unik dalam cara mereka menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda.

Jadi, jika kalian ingin mencoba pengalaman yang di luar batas, mungkin kalian bisa mencoba salah satu dari game-game ini. Tetapi, siapkan diri Anda untuk kebingungan dan kejutan yang mungkin akan Anda temui di dalamnya!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews