Berbagai Opsi Perjalanan Menuju Sabang dari Batam

Berbagai Opsi Perjalanan Menuju Sabang dari Batam

Salah satu pilihan transportasi laut dari Banda Aceh ke Sabang dengan menggunakan kapal Roro (Foto: BC)

Batam, Batamnews - Bagi mereka yang ingin mengunjungi pulau paling barat Indonesia, yaitu pulau Sabang, Aceh, terdapat beberapa opsi perjalanan yang dapat dipilih melalui jalur udara dan jalur laut. Termasuk dari Batam, Kepulauan Riau. Sabang diketahui sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang natural serta alam bawah laut yang memesona.

Dari Batam bisa ditempuh dengan perjalanan udara dengan terlebih dahulu terbang dari Bandara Hang Nadim ke Kualanamu, Sumatera Utara. Kemudian perjalanan dilanjutkan melalui jalur udara hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Bandara Kualanamu, Medan ke Bandara Maimun Saleh, Sabang.

Penerbangan dari Medan ke Sabang, dan sebaliknya, hanya tersedia setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. Hanya ada dua maskapai yang melayani rute ini, yaitu Garuda Indonesia dan Wings Air.

Sementara itu, perjalanan melalui jalur laut dapat dilakukan melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Ada dua jenis angkutan penyeberangan yang tersedia, yaitu Kapal Motor Express dan Kapal Roro Ferry, yang akan membawa Anda ke Pelabuhan Balohan, Sabang.

Baca terkait: Pilihan Penyeberangan Banda Aceh-Sabang: Kapal Cepat atau Kapal Roro?

Kapal Motor Express, juga dikenal sebagai "kapal cepat", dioperasikan oleh pihak swasta dengan menggunakan kapal seperti KM Cantika 89, Bahari 89, dan Bahari 2F. Kapal ini hanya melayani penyeberangan penumpang dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai Balohan.

Jika Anda ingin membawa kendaraan seperti mobil atau motor, pilihan yang tepat adalah Kapal Roro Ferry, yang dikenal sebagai "kapal lambat". Kapal Roro Ferry membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam untuk mencapai Pelabuhan Balohan dari Pelabuhan Ulee Lheue.

Untuk jadwal penyeberangan, terdapat dua kapal cepat yang beroperasi pada pukul 10.00 dan 16.00 WIB setiap hari Senin hingga Kamis, serta satu kapal tambahan pada pukul 08.00 WIB pada hari Jumat hingga Minggu, sehingga total ada tiga keberangkatan setiap harinya. Sedangkan kapal lambat beroperasi tiga kali sehari pada pukul 08.00, 10.00, dan 16.00 WIB.

Namun, perlu diingat bahwa jadwal penyeberangan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada situasi dan kondisi cuaca. Jika cuaca buruk, frekuensi keberangkatan dapat berkurang bahkan dibatalkan, dan jam keberangkatan juga tidak pasti.

Hal ini juga berlaku untuk hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Imlek, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, peringatan tsunami (26 Desember), dan hari-hari besar lainnya. Sebaiknya, penumpang memperhatikan pengumuman terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Tentang Sabang

Sabang adalah salah satu kota di AcehIndonesia.[1][6] Kota ini berupa kepulauan di seberang utara Pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara dan barat Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo. Pada tahun 2021 jumlah penduduk kota Sabang sebanyak 42.559 jiwa, dengan kepadatan 278 jiwa/km².

Sabang merupakan "titik nol" untuk wilayah barat Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews