Prakiraan Cuaca Perairan Batam, Sabtu: Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan Cuaca Perairan Batam, Sabtu: Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan cuaca perairan Batam pada hari Sabtu (20/5/2023), waspada potensi hujan dan angin kencang (tangkapan layar)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim BMKG telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk perairan Batam pada Sabtu (20/5/2023) dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. 

Pada hari tersebut, peringatan dikeluarkan BMKG untuk menghadapi potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat, terutama pada pagi, malam, dan dini hari di wilayah Batam, Karimun, Tj. Pinang/Bintan, Lingga, Selat Berhala, dan Perairan Utara Bangka.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Batam, Sabtu: Berawan dengan Potensi Hujan Ringan

Prakiraan cuaca didasarkan pada kondisi sinoptik yang meliputi perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dan index labilitas lokal yang kuat, yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau. Oleh karena itu, cuaca diprediksi akan hujan sedang sepanjang hari.

Kecepatan angin diperkirakan berkisar antara 5 hingga 15 Knots, dengan arah angin bertiup dari Barat Daya hingga Barat Laut. Gelombang di perairan tersebut diperkirakan rendah, dengan ketinggian antara 0.50 hingga 1.25 meter.

Baca juga: Bupati Anambas dan Sekda Anambas Menghilang Usai Kecelakaan, Polisi: Kami Tidak Berani Menduga

Dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, disarankan agar masyarakat yang beraktivitas di perairan Batam dan sekitarnya tetap waspada. Pastikan untuk mengantisipasi hujan lebat, kilat/petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi. 

Keamanan menjadi prioritas utama, oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti perkembangan cuaca melalui sumber resmi dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Baca juga: DPRD Lingga Gelar Paripurna Pengunduran Diri Wabup Neko Wesha Pawelloy dan Legislator Seniy

Pusat Meteorologi Maritim BMKG akan terus memantau perkembangan cuaca di wilayah tersebut dan memberikan pembaruan jika terjadi perubahan yang signifikan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews