Prakiraan Cuaca Perairan Batam dan Sekitarnya, Jumat: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan Cuaca Perairan Batam dan Sekitarnya, Jumat: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan cuaca perairan Batam dan sekitarnya, waspada hujan lebat dan angin kencang (tangkapan layar)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim BMKG telah mengeluarkan prakiraan cuaca khusus untuk perairan Batam dan sekitarnya pada hari Jumat (19/5/2023) ini. 

Prakiraan tersebut memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang-lebat dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah perairan tersebut.

Menurut Pusat Meteorologi Maritim BMKG, peringatan ini berlaku mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Perlambatan kecepatan angin atau konvergensi serta adanya indeks labilitas lokal yang kuat menjadi faktor pendukung dalam potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau.

Kondisi cuaca di perairan Batam dan sekitarnya diprediksi akan mengalami hujan sedang. Kecepatan angin diperkirakan berkisar antara 2 hingga 14 Knots, dengan arah angin yang bertiup dari Timur hingga Selatan. Gelombang diperkirakan dalam keadaan tenang dengan ketinggian berkisar antara 0.01 hingga 0.50 meter.

Masyarakat yang beraktivitas di perairan Batam dan sekitarnya diimbau untuk tetap waspada dan mengambil langkah pencegahan yang diperlukan. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Perhatikan peringatan dan informasi cuaca terbaru: Selalu pantau perkembangan cuaca melalui sumber yang terpercaya, seperti BMKG atau layanan cuaca resmi lainnya. Ikuti peringatan yang diberikan untuk keselamatan Anda.

2. Persiapkan perlengkapan keselamatan: Pastikan kapal atau perahu dilengkapi dengan peralatan keselamatan laut yang sesuai, seperti jaket pelampung, alat komunikasi, dan peralatan pertolongan pertama.

3. Hindari berlayar jika kondisi cuaca buruk: Jika prakiraan cuaca menunjukkan hujan lebat dan angin kencang, sebaiknya tunda atau batalkan rencana perjalanan laut Anda. Keselamatan harus menjadi prioritas utama.

3. Ikuti petunjuk dan arahan otoritas maritim: Jika Anda berada di perairan yang terkena dampak cuaca buruk, ikuti arahan dan petunjuk yang diberikan oleh otoritas maritim setempat. Mereka memiliki informasi yang lebih lengkap dan dapat membantu Anda dalam situasi darurat.

Pusat Meteorologi Maritim BMKG akan terus memantau perkembangan cuaca di perairan Batam dan sekitarnya. Tetap waspada dan perhatikan informasi terbaru untuk menjaga keselamatan dalam beraktivitas di laut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews