Kecelakaan Kapal Feri di Merak: Detik-detik Mencekam yang Dialami Penumpang

Kecelakaan Kapal Feri di Merak: Detik-detik Mencekam yang Dialami Penumpang

Detik-detik saat KMP Royce 1 mulai mengeluarkan asap tebal, penumpang pun panik (internet)

Banten, Batamnews - Penumpang kapal KMP Royce 1, Ujang Arif (45), dengan gemetar menceritakan momen mencekam yang ia alami saat terjadi kebakaran di dalam kapal.

Kejadian itu terjadi pada Sabtu (6/5/2023) sore ketika Ujang sedang duduk santai menikmati secangkir kopi di kantin kapal. Ia sedang dalam perjalanan bersama keluarganya.

Baca juga: Kapal Penyeberangan ASDP Royce 1 Terbakar di Laut Merak Banten

Tiba-tiba, Ujang dan penumpang lainnya dikagetkan oleh kepulan asap hitam yang memenuhi area kapal dari parkiran mobil di bagian bawah. 

Terdengar teriakan penumpang lain yang memberitahu bahwa ada kebakaran di dalam kapal. Ujang langsung berusaha untuk melihat sumber api, tetapi petugas kapal melarangnya karena demi keselamatan.

Baca juga: 6 Tips Liburan Hemat di Singapura untuk Pemula dengan Anggaran Terbatas!

Petugas segera mengarahkan Ujang, keluarganya, dan penumpang lainnya untuk segera menyelamatkan diri. Mereka dievakuasi dengan menggunakan perahu nelayan, kapal Basarnas, Polairud Polda Banten, serta TNI AL Banten.

"Awalnya ada asap kecil, kemudian asapnya menjadi tebal. Di atas kapal, kami melihat asap pekat keluar dari bawah kapal. Api tidak begitu besar, tapi asapnya sangat tebal," cerita Ujang di Pelabuhan Merak seperti dilansir cnnindonesia, Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Tips Berwisata ke Air Terjun Temburun Anambas, Nikmati Keindahan Alam yang Memesona

Ujang menyebut bahwa tim pemadam kebakaran baru tiba sekitar 30 menit setelah asap semakin tebal. Evakuasi penumpang dilakukan segera setelah itu. Ujang tidak sempat melihat kondisi mobil yang terbakar di dalam kapal.

Menurut Basarnas Banten, seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke Dermaga 1 Pelabuhan Merak. Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang, dan beberapa ambulans disiagakan untuk mengantisipasi situasi darurat.

Baca juga: Imigrasi Medan Menolak Kedatangan 8 Warga Negara Vietnam dan Malaysia di Bandara Kualanamu

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan selamat. Kami masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah penumpang yang dievakuasi ke Dermaga 1 Pelabuhan Merak," ujar Kepala Basarnas Banten, Adil Triyanto, pada Sabtu (06/05/2023).

Saat ini, kapal KMP Royce 1 masih dalam proses pendinginan menggunakan tugboat dengan penyemprotan air untuk memastikan tidak ada lagi sisa api yang menyala.

(DEN)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews