Breaking News: WHO Mengumumkan Akhir Pandemi Covid-19: Kondisi Darurat Kesehatan Global Berakhir

Breaking News: WHO Mengumumkan Akhir Pandemi Covid-19: Kondisi Darurat Kesehatan Global Berakhir

WHO, Jumat (5/5/2023) malam mengumumkan pandemi covid-19 telah berakhir (internet)

Batam, Batamnews - Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 telah berakhir pada Jumat (5/5/2023). Keputusan ini diambil setelah pertemuan Komite Darurat WHO pada Kamis (4/5/2023), yang merekomendasikan deklarasi akhir dari darurat kesehatan publik global yang telah berlangsung selama lebih dari 3 tahun.

Baca juga: Provinsi Kepri Jadi yang Terbaik Tangani Pandemi Covid-19 di Wilayah Sumatera

Dalam pernyataannya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengungkapkan bahwa Covid-19 sudah tidak lagi menjadi kondisi darurat kesehatan global. Namun, ia juga menegaskan bahwa hal ini tidak berarti Covid-19 tidak lagi menjadi ancaman kesehatan global.

Sejak dinyatakan sebagai kondisi darurat global pada 30 Januari 2020, status pandemi Covid-19 telah memfokuskan perhatian pemerintah di seluruh dunia dalam penanganan pandemi serta mendorong kerjasama internasional dalam pengembangan vaksin dan perawatan Covid-19.

Baca juga: Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Prediksi Terbaru WHO

Dikutip dari cnbc, WHO menyatakan bahwa berakhirnya kondisi pandemi ini menunjukkan keberhasilan upaya yang dilakukan oleh negara-negara di seluruh dunia. Namun, mereka tetap mengingatkan bahwa Covid-19 tetap akan ada di dunia ini.

"Dunia telah berubah oleh Covid-19. Pandemi ini telah mengubah kita. Jika kita kembali ke kehidupan seperti sebelum pandemi, kita akan gagal belajar dan mengecewakan generasi masa depan," ujar Ghebreyesus seperti dikutip reuter.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kapal Ferry Queen Star 2 dari Singapura ke Batam Terbakar, 62 Penumpang Dievakuasi

Pada puncaknya pada Januari 2021, jumlah kematian akibat Covid-19 mencapai sekitar 100.000 orang setiap minggu. Namun, per April 2023, angka tersebut telah menurun menjadi sekitar 3.500 orang per minggu.

Sebagai catatan, WHO sebelumnya tidak pernah secara resmi mendeklarasikan awal atau akhir dari suatu pandemi. Penggunaan kata "pandemi" pertama kali digunakan oleh WHO untuk menggambarkan wabah Covid-19 pada Maret 2020.

Baca juga: Kapal Ferry Queen Star 2 Terbakar di Perjalanan dari Singapura Menuju Batam: 62 Penumpang Selamat

Sebelum pengumuman ini, Amerika Serikat telah lebih dahulu mengumumkan akhir dari pandemi Covid-19 pada tahun 2022. Sementara itu, Uni Eropa menyatakan kondisi darurat Covid-19 berakhir pada April 2022.

Meskipun kondisi darurat pandemi telah berakhir, akhirnya kolaborasi internasional dalam penanggulangan Covid-19 juga berpotensi berakhir, termasuk dalam hal pendanaan untuk penanganan dan penelitian terkait Covid-19.

(DEN)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews