Pemerintah Bubarkan BP Batam

Ini Jasa-jasa BP Batam yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Jasa-jasa BP Batam yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu kawasan industri terbesar di Batam, Kawasan Industri Batamindo di Mukakuning, Batam. (Foto: Internet)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Mendagri Tjahjo Kumolo berencana membubarkan BP Batam. Hal itu ia ungkapkan saat berada di Tanjungpinang, Rabu (30/12/2015). 

Sontak kabar ini mengejutkan sejumlah pihak. Kabar pembubaran BP Batam ini sudah berhembus cukup lama. Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai BP Batam yang dahulunya bernama Otorita Batam.

Otorita Batam dikenal sebagai lembaga yang mengubah Batam menjadi sebuah Kota Industri. Menyulap Batam dari hutan belantara menjadi seperti saat ini. Peran Otorita Batam sangat kental dalam perkembangan kota Batam.

BP Batam atau Otorita Batam sukses membangun Kota Batam dan sejumlah kawasan industri dan menarik ribuan investor ke Batam. 

Selain itu, BP Batam juga membangun enam jembatan yang menghubungkan antara pulau terpencil. Diantaranya yang paling dikenal adalah Jembatan Barelang. 

Batam adalah salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Riau. Batam merupakan sebuah pulau di antara 329 pulau yang terletak antara Selat Malaka dan Singapura yang secara keseluruhan membentuk wilayah Batam. 

Kawasan Industri Batamindo terlihat dari udara. (Foto: Istimewa)

 

Karena langkanya catatan tertulis dari pulau ini, maka hanya ada satu literatur yang menyebut nama Batam, yaitu Traktat London yang mengatur pembagian wilayah kekuasaan antara Belanda dan Inggris. Namun, menurut para pesiar dari China, pulau ini sudah dihuni sejak 231 M ketika Singapura masih disebut Pulau Ujung.

Laman bpbatam.go.id menyebutkan, sebelum  mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, Batam merupakan sebuah pulau kosong berupa hutan belantara yang nyaris tanpa denyut kehidupan. Namun, terdapat beberapa kelompok penduduk yang lebih dahulu mendiami pulau ini. 

Mereka berprofesi sebagai penangkap ikan dan bercocok tanam. Mereka sama sekali tidak banyak terlibat dalam mengubah bentuk fisik pulau ini yang merupakan hamparan hutan belantara.

Pada tahun 1970-an Batam mulai dikembangkan sebagai basis logistik dan operasional untuk industri minyak dan gas bumi oleh Pertamina. 

Kemudian berdasarkan Kepres No. 41 tahun 1973, pembangunan Batam dipercayakan kepada lembaga pemerintah yang bernama Otorita Pengembangan Industri Pulau Batam atau sekarang dikenal dengan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam). 

Dalam rangka melaksanakan visi dan misi untuk mengembangkan Batam, maka dibangun berbagai insfrastruktur modern yang berstandar internasional serta berbagai fasilitas lainnya, sehingga diharapkan mampu bersaing dengan kawasan serupa di Asia Pasifik. 

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews