Pertamina Uji Coba Sistem QR Code untuk Pembelian BBM Subsidi di Batam

Pertamina Uji Coba Sistem QR Code untuk Pembelian BBM Subsidi di Batam

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pertamina akan menerapkan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan cara menggunakan sistem QR Code (Barcode) untuk di wilayah Batam, Kepulauan Riau. 

Penerapan tersebut akan dilakukan pada bulan Mei tahun 2023 mendatang dengan sistem penerapan uji coba terlebih dahulu. 

"Kita akan melakukan penerapan pembelian dengan cara menggunakan Barcode untuk BBM jenis Pertalite," ujar Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut,  Susanto August Satria, Kamis (27/4/2023). 

Menurutnya, dalam proses penerapan nanti para konsumen akan mendaftarkan kendaraannya di Website My-Pertamina. Lalu terdapat QR Code yang dimiliki oleh para konsumen untuk melakukan pembelian BBM berjenis Pertalite di setiap SPBU di Batam. 

Barcode tersebut lah yang akan ditunjukkan kepada petugas Pertamina di SPBU. 

"Bagi pengendara yang hendak mendaftar kendaraannya dengan cara meng-upload foto identitas, STNK serta foto kendaraan, nanti bagi masyarakat yang kebingungan dapat mendatangi Konter Pertamina yang berada di setiap SPBU, nanti akan kita bantu proses pendaftarannya," kata dia. 

Kendati demikian, Satria belum dapat memastikan kapan masa percobaan tersebut akan diberlakukan di Batam. Namun, saat ini pihaknya telah menyiapkan segala pengurusan agar dapat dilaksanakan pada bulan depan. 

"Untuk waktunya kita belum dapat memastikan karena saat ini masih dalam tahap persiapan, akan segera kita informasikan jika itu sudah kita berlakukan," terangnya.

Dijelaskannya bahwa untuk pengisian menggunakan sistem Barcode tersebut telah dilakukan pertama kali di wilayah Aceh. Hasilnya, setiap konsumen mampu menyesuaikan sistem pengisian BBM dengan cara sistem tersebut dan saat ini telah berjalan dengan lancar. 

"Untuk di wilayah Sumatera, Batam bukan pertama kali, kita sudah menggunakan cara seperti ini di wilayah Aceh dan semua berjalan dengan lancar, maka kita akan melakukannya juga untuk di wilayah Batam dan akan kita segera informasikan jika penerapan sudah mulai dilakukan," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews