Depo Pertamina Plumpang Terbakar, 17 Orang Tewas

Depo Pertamina Plumpang Terbakar, 17 Orang Tewas

Petugas membawa kantong jenazah saat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3). Foto: Jonathan Devin/kumparan

Jakarta - Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara terbakar pada Jumat (3/3/2023) malam. Belasan orang tewas dan puluhan orang terluka.

Melansir kumparan, api berkobar mulai pukul 20.10 dan baru bisa dipadamkan 6 jam kemudian, tepatnya pukul 2.19 WIB, Sabtu (4/3/2023) dini hari.

Data posko penanggulangan kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3) pukul 24.00 WIB mengungkapkan, peristiwa itu menyebabkan 17 orang tewas. Dua di antaranya termasuk anak-anak. Sedangkan korban luka-luka tercatat sebanyak 50 orang.

Baca: Kebakaran Sekolah MAN di Tanjungpinang, Api Muncul dari Aula

Awalnya penanganan korban dilakukan di tiga rumah sakit, yakni RSUD Koja, RS Mulyasari, dan RS Tugu. Tapi kemudian korban meninggal dunia dipindahkan ke RS Polri Kramat Jati dan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Sementara korban luka-luka ada yang dirujuk ke RS Pusat Pertamina (RSPP).

Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pasien yang dirujuk merupakan korban yang mengalami luka bakar berat.

"Ada beberapa kriteria. Pertama yang meninggal ke RSCM dan RS Polri. Yang butuh penanganan lebih lanjut karena beratnya persentase (luka bakar) itu ke RS Pertamina (RSPP)" kata Widyastuti saat konferensi pers di RSUD Koja, Jumat (3/3).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menerima laporan, pemicu kebakaran di Depo Pertamina Plumpang adalah sambaran petir. Tapi PT Pertamina (Persero) menyebut, penyebab pasti belum bisa diungkapkan karena membutuhkan proses investigasi.

"Pertamina membentuk tim gabungan dengan PT Pertamina Patra Niaga, fungsi terkait, dan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi penyebab terjadinya insiden malam ini," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Sabtu (4/2) dini hari.

Baca: Ini Dugaan Penyebab Atap Masjid Agung Batam Center Terbakar

Sementara itu Polda Metro Jaya akan mengusut pemicu kebakaran Depo Pertamina Plumpang.  "(Penyebab kebakaran) belum, nanti belum. Kan labfor (laboratorium forensik)masih bekerja. Semuanya nanti. Besok ada posko kita akan update semuanya," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews