Balap Karung hingga Makan Kerupuk, Permainan Rakyat Menghibur Selama Lebaran

Balap Karung hingga Makan Kerupuk, Permainan Rakyat Menghibur Selama Lebaran

Balap karung, salah satu permainan rakyat yang seru dimainkan saat momen lebaran. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Dalam suasana lebaran yang penuh dengan kegembiraan, permainan rakyat menjadi pilihan yang tepat untuk memeriahkan suasana. Permainan rakyat yang dapat digelar di halaman rumah atau di lingkungan sekitar akan membuat suasana lebaran semakin meriah dan menyenangkan.

Salah satu permainan rakyat yang bisa digelar adalah "balap karung". Permainan ini cukup mudah dilakukan dan dapat dimainkan oleh semua orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Caranya adalah dengan mengambil beberapa karung bekas dan membuat garis start dan finish. Para pemain kemudian berlomba-lomba untuk masuk ke dalam karung dan melompat ke garis finish dengan cepat. Permainan ini akan sangat seru jika dimainkan dalam kelompok yang lebih besar.

Baca juga: Khong Guan: Brand Legendaris Biskuit Kaleng di Indonesia yang Menjadi Fenomena Lebaran, Inilah Pemiliknya

Selain itu, "lomba makan kerupuk" juga bisa menjadi permainan yang seru dan menghibur. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa kerupuk dan meletakkannya di atas sebuah piring atau meja.

Para pemain kemudian berusaha untuk memakan kerupuk dengan cepat tanpa menggunakan tangan. Siapa yang berhasil memakan kerupuk dengan cepat akan menjadi pemenangnya.

Tidak hanya itu, permainan seperti "tumpengan" atau "estafet ketupat" juga bisa menjadi permainan yang seru dan menghibur. Dalam permainan tumpengan, para pemain harus memindahkan benda-benda kecil seperti kelereng atau kacang kedalam sebuah wadah yang berbentuk kerucut.

Baca juga: 4 Barang Bermanfaat yang Bisa Dibeli dari Uang Angpao Lebaran Anak

Sedangkan dalam permainan estafet ketupat, para pemain harus berlomba-lomba untuk membawa ketupat dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melemparkan ketupat dari satu pemain ke pemain lainnya.

Selanjutnya, tarik tambah, ambil koin di dalam tepung, balap bola pimpong di dalam sendok hingga mengisi air di dalam botol juga bisa jadi alternatif untuk menyemarakkan lebaran hingga lebih seru.

Semua permainan rakyat tersebut dapat diadakan di halaman rumah atau di lingkungan sekitar dengan melibatkan anggota keluarga atau tetangga yang lain. Dengan adanya permainan rakyat tersebut, suasana lebaran akan semakin meriah dan menyenangkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews