Nongsa Digital Park Ikut Serta di Pameran Industri Teknologi Dunia Hannover Messe 2023

Nongsa Digital Park Ikut Serta di Pameran Industri Teknologi Dunia Hannover Messe 2023

CEO NDP Mike Wiluan bersama dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mempresentasikan ekosistem digital NDP kepada Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Hannover - Nongsa Digital Park (NDP) ambil bagian dalam pameran industri dan teknologi terbesar dunia Hannover Messe 2023 di Jerman pada awal pekan ini.

Keikutsertaan NDP dalam ajang bergengsi ini cukup membanggakan mengingat Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang dipilih sebagai negara mitra resmi pada gelaran Hannover Messe.

Delegasi NDP dipimpin langsung oleh CEO Nongsa Digital Park, Mike Wiluan. NDP menjadi salah satu dari 157 peserta pameran atau co-exhibitor dari berbagai bidang seperti swasta, BUMN dan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang sesuai dengan tema Hannover Messe 2023.

Pada momen pembukaan Paviliun Indonesia di Hall 2 Hannover Fairground, Hannover, Jerman, Senin (17/4/2023) lalu, Mike Wiluan bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mempresentasikan ekosistem digital NDP kepada Presiden Indonesia Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Paviliun Indonesia.

Airlangga mengatakanmenjelaskan bahwa di dalam ekosistem Nongsa Digital Park terdapat beberapa pelatihan berkolaborasi dengan mitra internasional untuk mengembangkan Tech Talents, adanya Pusat Data beberapa perusahaan yang akan menggunakan Renewable Green Energy. 

"Kami berharap NDP menjadi center of excellent dari teknologi digital di Indonesia," kata Airlangga.

Sedangkan Mike Wiluan menambahkan bahwa Nongsa Digital Park merupakan a Centre of Excellence untuk anak muda Indonesia yang dilatih agar siap bekerja di industri teknologi. Di dalam ekosistem NDP juga terdapat industri kreatif yang bergerak di bidang perfilman dan animasi.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangganya atas keikutsertaan Indonesia sebagai negara pertama di ASEAN, yang dipilih sebagai negara mitra resmi pada ajang ini.

“Ini merupakan event terbesar dan terpenting untuk industri dan teknologi dunia. Ini adalah pameran tentang masa depan. This is where the future holds,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam pameran yang diikuti lebih dari 90 negara tersebut, Indonesia mengusung tema “Making Indonesia 4.0”. Menurut Presiden, tema tersebut sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang sedang melakukan transformasi ekonomi.

“Making Indonesia 4.0 adalah tema yang sangat relevan bagi Indonesia yang sedang lakukan transformasi ekonomi sebagai kunci untuk tingkatkan produktivitas melalui hilirisasi industri dan ekonomi hijau,” ungkap Presiden.

Selain itu, melalui Hannover Messe 2023, Indonesia ingin menunjukkan jati diri sebagai land of opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan yang selalu terbuka untuk kerja sama dan investasi. Presiden mencontohkan kemitraan Jerman dan Indonesia sebagai kemitraan Utara-Selatan yang baik.
 
“Kemitraan yang setara saling menghormati dan menguntungkan. Ini adalah wajah kemitraan untuk masa depan. Partnership for the brighter future,” ucap Presiden.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews