Nongsa Digital Park Ditargetkan Serap 16.500 Tenaga Kerja, Jadi Pusat Pengembangan Technoprenuer di Indonesia

Nongsa Digital Park Ditargetkan Serap 16.500 Tenaga Kerja, Jadi Pusat Pengembangan Technoprenuer di Indonesia

Nongsa Digital Park. (ist)

Batam, Batamnews - Transfer teknologi di bidang IT diperkirakan membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) menjadi pusat pengembangan SDM tenaga IT muda Indonesia menjadi technopreneur. 

Kemenko Perekonomian menyebutkan berbagai program pelatihan yang sedang berjalan telah menghasilkan total 560 IT lokal yang hampir semuanya sudah tersalurkan ke industri IT.

Sebelumnya Sesmenko Susiwijono, Deputi Wahyu Utomo, dan Staf Ahli Elen Setiadi bersama rombongan, menyempatkan diri untuk menyambangi Infinite Frameworks Studio, sebuah studio animasi di KEK NDP dan terbesar di Asia Tenggara, yang telah bekerja sama dengan Disney, Netflix, hingga Nickelodeon.

Baca juga: Data Center First Nongsa One Mulai Dibangun di KEK Nongsa Digital Park

Sesmenko bersama rombongan Kemenko Perekonomian dan sejumlah Pemimpin Redaksi media massa nasional mengunjungi KEK NDP, Minggu (28/8/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan bahwa teknologi digital memiliki peran yang sangat penting serta telah membantu Pemerintah dan swasta dalam merampingkan proses bisnis yang rumit.

Selain itu, teknologi digital juga membantu mempromosikan lingkungan kerja yang lebih praktis dan fleksibel.

Baca juga: Mantap, 10 Perusahaan Data Centre Investasi di Nongsa Digital Park

"Kebutuhan atas pengembangan teknologi digital saat ini semakin tinggi seiring dengan tuntutan kemajuan teknologi, sehingga juga semakin membuka peluang investasi bagi dunia usaha," terangnya dalam keterangan tertulis, dilansir Selasa (30/8/2022).

Dengan potensi industri digital di Indonesia yang begitu besar tersebut dipaparkan, menjadi latar belakang terbentuknya KEK NDP di Batam. Sebuah kawasan yang menggarap peluang investasi di bidang industri digital.

Ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 2021, KEK NDP memiliki target total investasi sebesar Rp39,9 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang pada 2040. 

Selanjutnya: Hemat Devisa Negara di Bisnis Digital hingga Rp 30 Triliun..

 

Selain dikembangkan dengan sektor bisnis utama di bidang IT-Digital, KEK NDP juga melaksanakan kegiatan pendukung di bidang pengembangan pariwisata.

"Pembangunan KEK NDP ini merupakan bagian dari upaya strategis Pemerintah dalam mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia dan konektivitas internasional khususnya di kawasan Asia Tenggara, serta menjadi  pilot plan kawasan berbasis service dan digital yang dapat direplikasi pada beberapa wilayah di Indonesia," terangnya. 

KEK NDP juga mampu menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp20-30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional.

Pengembangan KEK NDP di sektor IT-Digital mencakup data center, IT Office Park (co-working space), pendidikan IT, industri animasi dan perfilman, serta service center. 

Di sektor pariwisata sendiri, KEK NDP telah dibangun menjadi kawasan pariwisata pendukung ekosistem industri digital. Infrastruktur turut disiapkan mulai dari jalan kawasan dan drainase, air, listrik, ferry terminal, hingga jaringan telekomunikasi.

Sebagai entry point bagi perusahaan IT internasional dari Singapura dan mancanegara, KEK NDP juga telah ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan mancanegara. 

Pembangunan KEK NDP telah memaksimalkan koneksi internet internasional, di mana terdapat 7 kabel FO bawah laut berjarak 2-3 km dari KEK NDP, yang dapat dimaksimalkan untuk pengembangan data center dan industri animasi.

(fox)