IBM Academy Hadir di Nongsa Digital Park Batam, Terima Mahasiswa Mulai Maret 2023

IBM Academy Hadir di Nongsa Digital Park Batam, Terima Mahasiswa Mulai Maret 2023

IBM Academy yang mulai dibuka di Nongsa Digital Park, Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - IBM membuka akademi untuk Hybrid Cloud dan AI (kecerdasan buatan) di Nongsa Digital Park (NDP), Batam, Kepulauan Riau, Rabu (22/2/2023). Akademi ini akan dioperasikan oleh Infinite Learning yang merupakan sebuah divisi PT Kinema Systrans Multimedia. 

General Manager IBM Asia Pasifik, Paul Burton mengatakan akademi ini membantu mempercepat aspirasi peta jalan ekonomi digital Indonesia untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi dan keterampilan teknis profesional di Asia Tenggara. 

“Peningkatan keterampilan yang siap pakai diharapkan dapat mendorong transformasi digital di Indonesia,” ujar Paul saat pembukaan IBM Academy for Hybrid Cloud and AI di Nongsa Digital Park. 

Akademi ini menawarkan kursus di bidang AI (kecerdasan buatan), hybrid cloud, dan keamanan siber dari program IBM SkillBuild dan Red Hat. IBM Academy akan menerima mahasiswa angkatan pertama mulai tanggal 6 Maret 2023. 

Kurikulum yang ditawarkan oleh akademi ini juga akan menjadi bagian dari program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. 

Baca: Efek Nongsa Digital Park, Gaji Profesi IT Batam Bisa Lebih Tinggi dari Jakarta

Para siswa di angkatan pertama akan mendapat akses tanpa biaya ke kursus Red Hat Certified System Administration, kursus AI, Cybersecurity berstandar IBM SkillBuild, praktikum, studi kasus dan kredensial digital.

Setelah fase percontohan, akademi ini akan berkolaborasi dimulai dengan tujuh universitas terkemuka untuk memperluas kurikulum. 

“Pemerintah, industri, dan akademisi perly berkolaborasi untuk membantu Indonesia meningkatkan ketersediaan keterampilan teknologi utama dan merelisasikan nilai dari ekonomi digital yang ditopang oleh Hybrid Cloud dan AI,” katanya.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Kemendikbud, Uuf Brajawidagda berharap setelah akademi ini dibuka akan muncul ide-idel lain sebagai bentuk kolaborasi bersama antara pemerintah dan swasta. 

“Tentunya bagi mahawasiswa, mereka akan melihat lebih luas, utamanya memberikan lebih banyak pilihan untuk dunia kerja,” ujarnya. 

Baca: GDS Data Centre di Nongsa Digital Park Mulai Dibangun, Serap Investasi Rp 3 Triliun

CEO PT Kinema Systrans Multimedia, Michael Wiluan mengatakan kehadiran NDP menjadi jembatan digital yang menghubungkan Indonesia dengan dunia. Dengan berbagai pelatihan di NDP memberikan pertumbuhan digital. 

“Apalagi sumber daya manusia adalah sumber daya terbesar di negata ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Program Infinite Learning, Ari Nugrahanto mengatakan pada pembukaan IBM Academy ini masih hanya untuk program kampus merdeka, yaitu mahasiswa yang berada di semester 5 dan 7 untuk segala jurusan. Namun ada beberapa kursus di IBM Academy yang hanya bagi mahasiswa jurusan IT. 

“Selanjutnya, kami berharap akademi ini terbuka lebar tidak hanya untuk program kampus merdeka,” katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews