BP Batam Siapkan Pelabuhan Penumpang untuk Layani Arus Mudik Lebaran 2023

BP Batam Siapkan Pelabuhan Penumpang untuk Layani Arus Mudik Lebaran 2023

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam telah menyiapkan lima pelabuhan untuk melayani arus mudik Lebaran 2023 (Foto: BP Batam)

Batam, Batamnews - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam telah menyiapkan lima pelabuhan untuk melayani arus mudik Lebaran 2023. Dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, BUP BP Batam melakukan rapat koordinasi dengan instansi kepelabuhanan terkait.

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi arus mudik dan arus balik pada momen Lebaran di tahun sebelumnya, untuk mempersiapkan pelayanan di pelabuhan. Dalam rangka memberikan pelayanan maksimal bagi pemudik, BUP BP Batam telah melakukan rapat koordinasi dengan KSOP atas arahan dari Kepala BP Batam Muhammad Rudi.

Menurut Dendi, kondisi Covid-19 yang sudah melandai dan ditiadakannya persyaratan perjalanan berdampak pada lonjakan arus mudik yang signifikan dibandingkan pada masa pandemi Covid-19. 

Dengan melihat arus mudik tahun 2019, ia memprediksi puncak arus mudik akan dimulai pada H-5 sebelum Lebaran, sementara arus balik diprediksi terjadi pada H+5 Lebaran.

Jumlah penumpang yang berangkat diprediksi mencapai 212.483 orang, meningkat sebesar 16,5 persen dibandingkan tahun 2022. Begitu juga dengan penumpang yang akan masuk ke Kota Batam, diperkirakan naik sebesar 16,5 persen atau sebanyak 227.361 orang.

Jumlah ini katanya, hampir sama dengan tahun 2019 lalu dengan penumpang yang berangkat sebanyak 250.020 orang dan yang datang ke Batam sebanyak 288.256 orang. 

BUP BP Batam telah menyiapkan lima pelabuhan, yaitu Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Internasional Batam Center, Pelabuhan Harbourbay, Pelabuhan Telaga Punggur, dan Pelabuhan Batu Ampar. 

Fasilitas tambahan juga telah disiapkan untuk melengkapi fasilitas dasar yang tersedia selama periode mudik Lebaran 2023, antara lain tenda dan kursi untuk ruang tunggu penumpang hingga tambahan tenaga pengamanan BKO.

Dendi mengatakan bahwa segala persiapan telah dilakukan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik. Pihaknya ingin mewujudkan Mudik Aman Berkesan bagi seluruh masyarakat dengan memberikan pelayanan operasional kepelabuhanan yang optimal selama periode mudik hingga arus balik ke Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews