Disnaker Batam Minta Perusahaan Bayar THR Pekerja H-7 Lebaran

Disnaker Batam Minta Perusahaan Bayar THR Pekerja H-7 Lebaran

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Kepulauan Riau meminta perusahaan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja, H-7 sebelum Hari Raya Idulfitri 2023. 

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan pembayaran THR paling lambat dilakukan pada tanggal 15 April 2023. 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan. 

"Jika tidak, nanti ada sanksi bagi perusahaan sesuai aturan bakal ada denda 5 persen dari total THR yang dibayar," ujar Rudi, Rabu (12/4/2023). 

Baca: Ketua DPRD Batam Ingatkan Pengusaha Bayar THR Pekerja Tepat Waktu

Mengenai besaran THR yang harus dibayar untuk pekerja di Batam sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK), yaitu sebesar Rp 4,5 juta. Nominal THR pekerja dihitung berdasarkan lamanya masa kerja.

Misalnya jika sudah bekerja satu tahun penuh, maka THR yang diberikan sebesar Rp 4,5 juta. Sedangkan jika pekerja yang bekerja baru 6 bulan, maka Rp 4.500.000:12x6= Rp 2.250.000,-. 

“Sudah ada rumusnya, perusahaan tinggal mengikuti rumus tersebut,” kata dia. 

Baca: Bos! THR Lebaran 2023 Wajib Dibayar Sebelum Tanggal Ini

Sama seperti tahun lalu, pihaknya juga membuka posko pengaduan bagi para pekerja yang nantinya tidak mendapatkan THR dari perusahaan. Posko ini nanti akan bekerja menerima laporan dan meneruskan ke masing-masing perusahaan. 

"Kami juga membuka posko THR di kantor. Jadi kalau ada aduan pekerja kita akan langsung telusuri," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews