Pekerja Migran Sengaja Ditenggelamkan, Menko Polhukam Turun ke Batam Besok

Pekerja Migran Sengaja Ditenggelamkan, Menko Polhukam Turun ke Batam Besok

Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Setkab)

Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md menyoroti kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terkait temuan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengenai dugaan kesengajaan penenggelaman kapal pekerja migran. Mahfud akan bertolak ke Batam untuk meninjau langsung masalah tersebut. "Ya, saya mau ke Batam besok sore," kata Mahfud pada Selasa (4/4/2023) di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Mahfud menambahkan, penjelasan lebih lanjut mengenai rencana kunjungannya akan diberikan pada Rabu (5/4/2023).

Sebelumnya, BP2MI mengungkapkan adanya dugaan kesengajaan penenggelaman kapal pekerja migran. Mahfud menyebut modus seperti itu sering terjadi, seperti yang ia ungkapkan pada Sabtu (1/4/2023) dalam acara 'Kajian Lesehan Ramadhan Bil Jami'ah 1444 H' di Masjid UIN Sunan Kalijaga.

Menurut Mahfud, perdagangan manusia merupakan tindakan yang jahat dan seringkali melibatkan pekerja migran yang ditenggelamkan dan pekerja ilegal yang dibuang ke laut di berbagai belahan dunia. Mahfud juga menyebut bahwa Indonesia mulai terjebak dalam modus-modus seperti ini dan perlu menindak tegas pelaku kejahatan perdagangan orang sesuai dengan undang-undang yang ada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews