10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Efektif

10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Efektif

Foto: iStock

Batam - Bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan, cara menurunkan berat badan yang efektif merupakan hal yang mereka cari. Pasalnya, hal ini bisa membantu mereka yang kelebihan berat badan untuk memiliki kesehatan yang lebih baik dan bentuk badan yang lebih ideal.

Nah, dalam artikel ini, kita akan bersama-sama membahas bagaimana cara menurunkan berat badan dengan efektif. Bagi kamu yang penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, mari simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

Cara Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang sehat merupakan salah satu kunci untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki kondisi kelebihan berat badan sebaiknya segera melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan:

1. Mengurangi Asupan Kalori Harian

Dilansir dari Healthline, mengurangi asupan kalori merupakan salah satu cara utama untuk bisa menurunkan berat badan. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan atau mengganti sumber makanan yang tinggi kalori dengan opsi lain yang lebih sehat.

Kamu juga perlu melakukan penurunan asupan kalori secara perlahan, jangan tiba-tiba menurunkannya secara drastis. Menurunkan asupan kalori secara drastis dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Asupan karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan nasi putih, memiliki kandungan gula yang tinggi dan kurang serat. Hal ini bisa meningkatkan risiko peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu benar-benar menghilangkan makanan-makanan tersebut dari menu dietmu. Hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi porsinya.

3. Diet Tinggi Protein

Dilansir dari laman Healthline, diet tinggi protein bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena protein bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak di dalam tubuh.

Saat memilih sumber protein, sebaiknya pilih yang sehat dan rendah lemak. Sumber protein yang baik untuk diet penurunan berat badan adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kedelai, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi Serat Larut

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang larut dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan mengurangi penyerapan kalori. Contoh makanan yang banyak mengandung serat larut adalah biji rami, shirataki, dan alpukat.

5. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol bisa memberikan kalori kosong yang tidak memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan menyebabkan makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Jadi, jika kamu ingin menjalankan diet dengan sehat, maka hindari atau kurangi konsumsi alkohol untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal.

6. Intermittent Fasting

Intermittent fasting merupakan salah satu metode diet yang membagi jam makan dan efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satu metode intermittent fasting yang bisa digunakan adalah 16;8, artinya menjalani puasa selama 16 jam lalu ada rentang waktu makan selama 8 jam.

Contohnya, kamu bisa mulai makan sejak jam 11 pagi sampai jam 7 malam, sisanya kamu perlu puasa selama 16 jam. Namun, kamu masih diperbolehkan untuk minum air putih di waktu puasa tersebut.

7. Olahraga Kardio

Olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, atau berenang, dapat sangat membantu dalam menjalankan program diet dan menurunkan berat badan. Olahraga kardio dapat membantu membakar kalori dengan cepat dan efektif sehingga dapat membantu untuk mencapai defisit kalori yang dibutuhkan dalam rangka menurunkan berat badan.

Selain itu, olahraga kardio juga sangat membantu dalam meningkatkan kapasitas paru-paru dan jantung, memperbaiki sirkulasi darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut akan membantu tubuh kamu membakar lebih banyak kalori selama dan setelah berolahraga.

8. Olahraga Beban atau Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan bisa sangat membantu dalam membangun massa otot yang sehat dan meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin tinggi metabolisme tubuh seseorang, maka semakin banyak kalori yang terbakar bahkan saat orang tersebut sedang istirahat.

Selain itu, olahraga beban juga dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh. Maka dari itu, olahraga beban dapat membantu mencapai tubuh yang lebih sehat dan ramping secara keseluruhan.

9. Kelola Stres

Dilansir dari laman Medical News Today, stres dapat sangat mempengaruhi pola makan seseorang yang bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan. Ketika sedang stres, banyak orang cenderung merasa lapar dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau berlebihan.

Maka dari itu, mengelola stres penting dalam proses menurunkan berat badan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah dengan melakukan olahraga, yoga, dan meditasi.

10. Cukupi Kebutuhan Tidur

Dilansir WebMD, tidur memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, termasuk juga untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap hari selama 7-8 jam di malam hari.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai berbagai cara menurunkan berat badan dengan efektif. Kamu perlu menerapkan beberapa cara di atas untuk bisa mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews