KMP Singkil Layani Sementara Rute Penyeberangan Batam-Lingga Gantikan KMP Senangin

KMP Singkil Layani Sementara Rute Penyeberangan Batam-Lingga Gantikan KMP Senangin

KMP Teluk Singkil saat bersandar di Pelabuhan Labuhanhaji Aceh Selatan. (Foto: Safdar S/ACEHPORTAL.com)

Lingga, Batamnews - Untuk mendukung kelancaran pengiriman logistik dan penumpang antar pulau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), mengoperasikan kapal penyeberangan Roll On Roll Off (Roro) KMP Singkil melayani rute Telaga Punggur Batam tujuan Pelabuhan Jagoh Lingga.

Pengoperasian kapal roro KMP Singkil merupakan hasil rapat Forkopimda Kepri yang dilakukan di Lingga beberapa waktu yang lalu. KMP Singkil akan menggantikan KMP Senangin yang sedang masuk masa perawatan dalam docking

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri, Junaidi menyebutkan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah mengeluarkan SK Gubernur Kepri Nomor 455 Tahun 2023 untuk penyesuaian tarif angkutan penyeberangan lintas Telaga Punggur - Dabo Singkep. 

Baca juga: Bupati Lingga Nizar Lanjutkan Safari Ramadan di Resun Pesisir

"Dengan keluarnya SK gubernur tersebut maka tarif yang baru sudah disesuaikan, semoga arus barang logistik dan penumpang berjalan dengan lancar," kata dia, Senin (27/3/2023).

Junaidi juga menyebutkan, KMP Senangin yang nantinya telah selesai dalam docking akan kembali dioperasikan seperti sedia kala. 

Sebagaimana diketahui, PT ASDP Indonesia Ferry mengalihkan rute pelayaran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Singkil dari Aceh ke Kabupaten Bintan, Kepri.

Baca juga: Krisis Sinyal, Pelajar SMAN 4 Tajur Biru di Lingga Gelar Ujian di Atas Bukit

KMP Teluk Singkil sudah mendapatkan izin berlayar dari Pelabuhan Tanjunguban, Bintan, menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Batam.

Sebelum berlayar dalam rute tersebut, KMP Teluk Singkil diperbantukan untuk melayani penumpang dari Telaga Punggur menuju Dabo Singkep, Kabupaten Lingga dan Kuala Tungkal, Jambi. Biasanya, KMP Senangin yang melayani penumpang untuk rute pelayaran tersebut.

"KMP Senangin lagi perawatan atau perbaikan sehingga untuk sementara KMP Teluk Singkil yang melayani pelayaran rute itu," ujar Junaidi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews