Fenomena Langit Okultasi Venus dan Bulan Tampak Jelas di Lingga

Fenomena Langit Okultasi Venus dan Bulan Tampak Jelas di Lingga

Fenomena okultasi yang tampak dari langit Kabupaten Lingga.

Lingga, Batamnews - Tak disangka, Ternyata banyak yang mengabadikan momen fenomena yang terjadi Jumat (24/3/2023) malam, atau tepatnya malam ketiga bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

Fenomena yang terjadi Jumat Malam setelah Waktu Buka Puasa dan Salat Maghrib itu, tampak jelas dari langit Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Tidak saja di Lingga, fenomena ini juga terlihat di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, bahkan munculnya Bulan sabit sejajar dengan Venus seketika viral di media sosial.

Baca juga: Pererat Silaturahmi, Polindes Kote di Lingga Gelar Buka Puasa Bersama

Sekilas, fenomena ini membuat warganet teringat jika fenomena itu mirip bulan sabit dan bintang seperti yang sering dilihat menjadi simbol di atas kubah Masjid.

Ada yang menyebut cahaya yang dekat sekali dengan bulan selepas Magrib itu sebagai bintang, ada juga yang menyebut sebagai planet, tepatnya planet venus.

Pemandangan ini pun lantas membuat banyak warga terkesima.

"Kuasa yang di atas. Subhanallah," ucap Zirin yang terkesima.

 

Apa itu Okultasi?

Melansir kompas.com, menurut Peneliti Antariksa BRIN, Andi Pangerang, seperti dikutip dari situs Edukasi Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), okultasi adalah fenomena langit saat objek langit berjarak lebih dekat dari Bumi menghalangi objek langit berjarak lebih jauh dari Bumi.

Objek langit yang menghalangi objek langit lainnya memiliki lebar sudut yang lebih besar dibandingkan dengan objek yang dihalangi.

Kondisi ini berlawanan dengan transit di mana lebar sudut objek langit yang menghalangi objek yang lebih kecil dibandingkan objek langit yang menghalangi.

Ada tiga okultasi, yakni okultasi solar, okultasi lunar dan okultasi planeter.

Malam ini, fenomena langit yang terjadi adalah okultasi lunar, Venus dan Bulan. Okultasi ini terjadi saat Bulan menghalangi planet maupun bintang.

Fenomena okultasi Lunar yang dapat terjadi setiap tahun, yakni antara Merkurius, Venus dan Mars.

Okultasi bulan dengan Jupiter biasa terjadi setiap tiga tahun sekali, Saturnus setiap 2-5 tahun sekali, serta Uranus dan Neptunus akan berjarak dekat dengan Bulan 6-10 tahun sekali.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews