Bupati Natuna Terima Kunjungan Dua Konsulat Australia

Bupati Natuna Terima Kunjungan Dua Konsulat Australia

Natuna, Bupati  Natuna Wan Siswandi S.Sos M.Si didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dan beberapa jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menerima kedatangan dua konsulat asal negara Australia pada selasa ( 28/02/23).

Acara tersebut berlangsung di Ruang Kerja Bupati Natuna, Dalam pertemuan tersebut, kedua konsulat yakni, Mr. Tim Stapleton, Minister Counsellor Economic, Investment and Infrastructure dan Ms Sarah Wilis, Counsellor Political yang didampingi Ms Hanny Kusumanigtiyas, Person in charge ini, bersilahturahmi sekaligus mencari informasi tentang kondisi geografis wilayah Natuna selatan.

Terutama tentang aktivitas kehidupan masyarakat kepulauan yang dominan melaut sebagai nelayan, kedua konsulat dari bidang ekonomi dan politik ini, ingin memerlukan informasi resmi dari Pemerintah setempat, bagaimana tantangan yang kerap dihadapi masyarakat nelayan Natuna diperairan lepas dan berbatasan dengan sejumlah Negara tetangga di Asia.

Mereka mendapati banyak pemberitaan, bahwasannya, nelayan Natuna kerap bersengketa dengan nelayan kapal ikan asing diwilayah perairan Indonesia, terutama zona Laut China Selatan (LCS) yang kini berganti nama Laut Natuna Utara di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) Indonesia .

Disisi lain juga dipertanyakan, bagaiman sistem pertahanan dan pola pengamanan laut yang dilakukan lembaga pengamanan perairan seperti Bakamla (Badan Keamanan Laut),

Pada kesempatannya, Wan Siswandi menyambut baik kedatangan dua konsulat Australia beserta tenaga pendamping dari Warga Negara Indonesia ini, lima pilar percepatan pembangunan yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, diantaranya sector, Pariwisata, Pertahanan keamanan, Industri Migas, Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan.

Bupati menambahkan, saat ini pemerintah daerah tengah berbenah melakukan percepatan dan pemerataan pembangunan di pulau-pulau tingkat kecamatan dan desa untuk menyejahterakan ekonomi masyarakat Natuna. ( Yan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews