Survei: Blackpink dan BTS Jadi Grup Paling Disukai di Dunia

Survei: Blackpink dan BTS Jadi Grup Paling Disukai di Dunia

(Foto: Instagram/blackpinkofficial)

Batam, Batamnews - Boy group dan girl group asal Korea Selatan, BTS dan Blackpink menjadi grup paling disukai di dunia. Hal ini berdasarkan hasil laporan pemerintah melalui Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

 

Survei yang dipublikasi pada 10 Maret 2023 dengan judul "Laporan Korean Wave Mancanegara Tahun 2023" itu melibatkan 25.000 responden dengan rentang usia 15-59 tahun yang berasal dari 26 negara. Termasuk, Amerika Serikat, China, dan Jepang, turut dilibatkan dalam survei ini. Survei ini dilakukan secara online sejak 11 November sampai 7 Desember 2022

"Ketika ditanya mengenai Korea, 14,3 persen responden menjawab K-Pop sebagai hal pertama yang diketahui," demikian laporan tersebut dikutip, Jumat (17/3/2023).

Setelah K-pop, 13,2 persen responden menjawab makanan Korea, kemudian aktris atau aktor atau pelaku industri hiburan Korea sebanyak 7,4 persen. Sebanyak 6,6 persen responden juga mengetahui tentang drama Korea, dan produk atau teknologi sebanyak 5,6 persen.

"Sebanyak 31,3 persen responden memilik BTS sebagai artis K-Pop favorit mereka, diikuti Blackpink sebesar 10,8 persen," tulis laporan tersebut.

Bahkan, dalam laporan itu menyampaikan bahwa artis Korea generasi pertama seperti Park Jin Young, Rain, Boa, dan lainnya tidak dapat dikatakan sebagai musisi Korea paling berpengaruh di global, melainkan BTS dan Blackpink.

"BTS, Blackpink musisi K-Pop telah tumbuh menjadi bintang global yang sebanding dengan musisi Inggris dan Amerika."

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews