Terbakar di Hari Jumat, Begini Kondisi Terkini Masjid Agung Batam Center

Terbakar di Hari Jumat, Begini Kondisi Terkini Masjid Agung Batam Center

Atap limas Masjid Agung Batam Center terbakar saat proses pembongkaran, Jumat (13/1/2023). (Foto: Juna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sirine mobil pemadam kebakaran meraung-raung menuju arah Masjid Agung Batam Center, Jumat (13/1/2023) siang sekitar pukul 13.40 WIB. Dari kejauhan kobaran api tampak berada di puncak atap limas masjid. Kepulan asap hitam pun membumbung tinggi.

Masjid ini terbakar usai Salat Jumat. Untungnya masjid Agung Batam Center sedang tak difungsikan untuk aktivitas ibadah dan keagamaan lainnya selama proses revitalisasi. Seperti diketahui, proses revitalisasi bangunan sedang berlangsung, sementara atap limas akan diganti kubah.

Kini proses pembongkaran atap tersebut sedang dilakukan secara bertahap. Namun entah kenapa api membakar bagian atap tersebut. Belum diketahui pasti penyebabnya, karena diduga masih terkait pengerjaan pembongkaran atap.

Baca juga: Selamat Tinggal Atap Limas Masjid Agung Batam Center

Saat kebakaran lima mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Dari pantauan Batamnews pukul 14.15 WIB, tampak api sudah berhasil dipadamkan. 

Seperti diketahui pembongkaran atap masjid ini mulai dilakukan pada akhir tahun 2022 dan diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan ke depan. 

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam, Suhar mengatakan pembongkaran atap memang membutuhkan waktu yang cukup lama, karena juga dilakukan pembongkaran beton yang juga merupakan bagian dari atap masjid. 

Baca juga: Atap Limas Ciri Khas Masjid Agung Batam Center Mulai Dibongkar

Ia menjelaskan, atap masjid dibongkar untuk menyesuaikan dengan desain dari masjid yang baru yaitu berbentuk kubah. Sedangkan desain atap masjid yang lama berbentuk limas.

Desain yang digunakan untuk revitalisasi masjid yaitu menggabungkan dua unsur, yaitu unsur melayu dan unsur timur tengah. Untuk unsur melayu terdiri dari ukiran dan kaligrafi, sedangkan untuk unsur timur tengah terletak pada kubah masjid. 

“Eksisting gedung utama tidak diubah, hanya bagian atap saja,“ katanya. 

Sementara itu bagian lain pengerjaan revitalisasi masjid masih terus berlangsung, seperti pengerjaan basement.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews