7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Salah Satunya Memperpanjang Umur

7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Salah Satunya Memperpanjang Umur

Ilustrasi ngopi.

Batam - Kopi adalah minuman yang digemari oleh berbagai macam kalangan. Minuman ini seringkali dijadikan senjata bagi orang-orang untuk melawan rasa kantuk dan tetap produktif menjalani hari.

 

Selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, kopi ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di luar dari kandungan kafeinnya, kopi juga mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang bisa membantu meredakan peradangan dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, dikutip dari Johns Hopkins Medicine.

Berikut adalah 7 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kopi, dikutip dari Healthline.

1. Meningkatkan energi

Seperti yang diketahui, kopi mengandung kafein, jenis stimulan yang dapat melawan rasa lelah dan meningkatkan energi dalam tubuh. Mengonsumsi kopi di pagi hari dapat membantu kita melawan rasa lelah agar lebih siap dan optimal dalam memulai hari.

2. Berpotensi menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sejumlah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin memiliki kaitan dengan menurunkan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Hal ini berhubungan dengan kemampuan kopi dalam mempertahankan fungsi sel beta yang ada dalam pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin untuk menjaga kadar gula darah.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Kopi dipercayai dapat membantu menjaga kesehatan otak hingga mencegah sejumlah penyakit otak, seperti penyakit alzheimer dan parkinson. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki risiko yang signifikan lebih rendah terhadap penyakit parkinson. Kafein juga dipercayai dapat memperlambat pertumbuhan penyakit ini.

Penelitian lainnya terhadap 29.000 orang menunjukkan bahwa konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer atau penyakit otak yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat hingga penurunan kemampuan berpikir dan berbicara.

4. Bermanfaat dalam menjaga berat badan

Berdasarkan sejumlah riset, kopi juga bermanfaat bagi kesehatan usus yang dapat membantu mempertahankan berat badan yang seimbang. Berbagai studi menunjukkan peran kopi dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh, terutama pada pria.

5. Menurunkan risiko depresi

Menurut sebuah studi, segelas kopi yang dikonsumsi per harinya dapat menurunkan hingga 8 persen risiko depresi.

6. Menjaga kondisi hati dan jantung

Kopi seringkali dikaitkan dengan gejala jantung berdebar. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung dan hati serta menjaganya dari sejumlah penyakit.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya satu gelas kopi per harinya dapat menurunkan kemungkinan terkena gangguan hati hingga 15 persen. Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga sampai empat gelas kopi dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 21 persen.

7. Membuat panjang umur

Sederet manfaat baik kopi terhadap kesehatan dapat membuat seseorang lebih panjang umur. Sebuah studi yang membandingkan 40 studi lainnya menyimpulkan bahwa mengonsumsi dua sampai empat gelas kopi setiap harinya berkaitan erat dengan menurunnya risiko kematian, tanpa menghiraukan faktor lainnya, seperti umur, berat badan, dan konsumsi alkohol.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews