Ketahui Waktu Terbaik Buat Posting di Instagram

Ketahui Waktu Terbaik Buat Posting di Instagram

Ilustrasi melakukan cara posting Instagram di HP (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Waktu yang tepat untuk mengunggah konten Instagram cukup bervariasi, tergantung pada jenis konten yang diunggah karena sangat berkaitan dengan perilaku audiens dari konten tersebut.

Algoritma Instagram memprioritaskan kebaruan, jadi memposting saat pengikut Anda online adalah kuncinya. Artinya, jika sejumlah konten yang sama muncul pada audiens Anda, postingan yang lebih baru akan muncul lebih tinggi di feed daripada postingan yang lebih lama.

Dikutip dari Hootsuite, kebaruan adalah salah satu cara tercepat dan termudah dalam hal mengoptimalkan postingan Instagram.

Meski waktu terbaik untuk mengunggah postingan dapat bervariasi, tim dari platform manajemen media sosial Hootsuite melakukan analisis yang melibatkan 30 ribu unggahan dari berbagai bisnis di Instagram.

Analisis tersebut menunjuk pada hari Rabu pukul 11 siang sebagai waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram.

"Kami menemukan bahwa pengguna Instagram paling mungkin berinteraksi dengan konten selama jam kerja tengah hari dan tengah minggu."

"Dan itu masuk akal - ini adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dari pekerjaan atau sekolah dan melakukan scrolling," tulis keterangan itu pada Juni 2022.

Analisis tersebut menunjukkan tiap hari memiliki waktu terbaiknya sendiri, seperti Senin pada 12.00, Selasa pada 09.00, Kamis pada 11.00, Jumat 14.00, Sabtu 09.00, dan Minggu pada 07.00. Sebagai catatan, waktu tersebut dicatat dalam Waktu Pasifik AS.

Sementara itu, untuk postingan Reels, analisis ini menunjukkan waktu terbaik untuk memposting Reel adalah pukul 09.00 dan 12.00, Senin hingga Kamis.

Lebih lanjut, pihak Instagram sendiri memberikan tips agar postingan pengguna dapat menarik banyak audiens dan like. Pertama, pengguna harus membuat konten yang menarik baik dalam bentuk reels, foto, maupun carousel.

Dikutip dari laman Instagram, tips berikutnya adalah penulisan caption yang baik, seperti lead caption yang informasi paling penting dan

penggunaan nada yang konsisten dan personal. Selain itu, pengguna juga disarankan membuat caption pendek dan to the point serta mendorong tindakan audiens.

Selanjutnya, penggunaan tagar juga disebut dapat membuat konten lebih mudah ditemukan. Berikut saran Instagram untuk penggunaan tagar:

1. Gunakan tagar untuk membuat postingan lebih mudah ditemukan.

2. Tag mitra untuk membawa mereka ke dalam percakapan.

3. Tambahkan lokasi Anda agar pelanggan dapat menemukan bisnis Anda.

4. Coba tag produk untuk mempermudah pembelian.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews